Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Serangan Houthi Makin Intens, AS Kirim Skuadron F-22 ke UEA

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 09 Februari 2022, 08:08 WIB
Serangan Houthi Makin Intens, AS Kirim Skuadron F-22 ke UEA
Jet tempur F-22/Net
rmol news logo Amerika Serikat (AS) akan mengerahkan satu skuadron jet tempur F-22 Lockheed Martin ke Uni Emirat Arab (UEA) selama sepekan ke depan.

Komandan Pusat Komando (CENTCOM) AS, Jenderal Kenneth F McKenzie juga mengatakan pihaknya akan memindahkan kapal perusak berpeluru kendali, USS Cole, untuk memantau perairan di sekitar wilayah Teluk.

"Kami menganggap ini sebagai teman yang membantu teman lainnya di saat krisis," kata McKenzie kepada kantor berita WAM.

McKenzie mengatakan langkah tersebut diambil untuk memperkuat kemampuan pertahanan udara UEA, yang menghadapi serangan drone dan rudal dari gerilyawan Houthi yang berbasis di Yaman beberapa kali bulan lalu.

Dia juga mengatakan bahwa AS sedang bekerja dengan mitra regional dan global untuk mengembangkan solusi efektif demi mencegah serangan pesawat tak berawak, bahkan sebelum diluncurkan.

“Kami ingin bekerja melawan drone dalam apa yang kami sebut 'Left of Launch', (yang berarti) sebelum mereka dapat diluncurkan. Sistem seperti itu akan dapat mendeteksi peluncuran drone, melihatnya dan mengganggu penerbangan mereka," jelas McKenzie.

"Dan jika Anda tidak bisa melakukan itu, Anda pasti bisa menembak jatuh mereka saat mereka mencapai target yang diinginkan," tambahnya.

Dalam hal ini, McKenzie memuji sistem Terminal High Altitude Area Defense (THAAD) buatan AS untuk mencegat rudal dan drone yang diluncurkan ke UEA oleh Houthi.

UEA adalah bagian dari koalisi militer pimpinan Arab Saudi yang melancarkan kampanye melawan milisi Houthi di Yaman atas permintaan Presiden Abdrabbuh Mansur Hadi.

Riyadh dan sekutunya menuduh Iran mempersenjatai Houthi, sedangkan Teheran mengatakan dukungannya kepada kelompok itu hanya politik. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA