Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pakar: Ada Empat Kandidat Pemimpin Baru ISIS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 09 Februari 2022, 14:36 WIB
Pakar: Ada Empat Kandidat Pemimpin Baru ISIS
Komandan tertinggi ISIS, Abu Ibrahim Al Hashimi Al Qurashi yang tewas meledakkan diri usai dikepung militer AS pada awal Februari 2022/Net
rmol news logo Setelah Abu Ibrahim Al Quraishi tewas, ISIS tampaknya akan mencari pemimpin lain yang kemungkinan besar berasal dari lingkaran dekat para jihadis Irak.

Para pejabat Irak dan sejumlah pakar menilai kematian Quraishi merupakan pukulan telak bagi ISIS setelah kehilangan Abu Bakr Al Baghdadi pada 2019.

Quraishi tewas dalam ledakan yang ia buat setelah dikepung oleh militer Amerika Serikat (AS) pada 3 Februari dini hari di kediamannya di Suriah. Hal itu juga menewaskan keluarganya.

Dikutip Reuters, ISIS kemungkinan akan menunjuk pengganti Quraishi dalam beberapa pekan ke depan

Menurut pakar Irak, Fadhil Abu Rgheef, setidaknya ada empat kemungkinan pengganti Quraishi.

"Ini termasuk Abu Khadijah, yang terakhir diketahui berperan sebagai pemimpin ISIS Irak, Abu Muslim yang memimpin Provinsi Anbar, dan lainnya bernama Abu Salih," ujarnya.

"Ada juga Abu Yassir al-Issawi, yang diduga masih hidup. Dia berharga bagi kelompok itu karena dia memiliki pengalaman militer yang panjang," tambah Rgheef.

Issawi dirumorkan meninggal dalam serangan udara pada Januari 2021, ketika pasukan Irak serta koalisi militer pimpinan AS yang memerangi ISIS di Irak dan Suriah. Namun seorang pejabat keamanan Irak menegaskan ada kecurigaan kuat bahwa Issawi masih hidup.

"Jika dia tidak mati, dia akan menjadi kandidat, dia diadili dalam merencanakan serangan militer dan memiliki ribuan pendukung," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA