Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pasukan AS Siaga di Polandia, Bersiap Evakuasi Warga AS yang Berpotensi Melarikan Diri dari Ukraina?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Kamis, 10 Februari 2022, 01:28 WIB
Pasukan AS Siaga di Polandia, Bersiap Evakuasi Warga AS yang Berpotensi Melarikan Diri dari Ukraina?
Peta Polandia/Net
rmol news logo Ketegangan yang terjadi antara Ukraina dan Rusia di perbatasan masih belum juga mereda. Di tengah ketegangan itu, Amerika Serikat menyiagakan pasukannya di negara tetangga Ukraina, yakni Polandia.
Menurut keterangan sejumlah pejabat Amerika Serikat anonim, sebagaimana dikabarkan Reuters (Rabu, 9/2), pasukan Amerika Serikat di Polandia sedang bersiap untuk membantu warga negara Amerika Serikat yang mungkin melarikan diri ke negara itu jika Rusia menginvasi Ukraina.

Para pejabat anonim itu mengatakan rencana itu telah disetujui oleh Gedung Putih dan merupakan bagian dari perencanaan yang bijaksana. Persetujuan tersebut pertama kali dilaporkan oleh Wall Street Journal.

Para pejabat itu memastikan bahwa pasukan Amerika Serikat tidak akan memasuki Ukraina untuk mengevakuasi warga Amerika Serikat. Namun mereka akan mendirikan fasilitas sementara di Polandia jika diperlukan.

"Kami terus mengevaluasi situasi keamanan yang berkembang dan merencanakan berbagai kemungkinan seperti yang selalu kami lakukan," kata pejabat itu.

Sementara itu, Pentagon melaporkan bahwa sekitar 1.700 anggota layanan, terutama dari Divisi Lintas Udara ke-82, telah dikerahkan dari Fort Bragg, Carolina Utara, ke Polandia.

Di sisi lain, Rusia telah berulang kali membantah tuduhan yang menyebut bahwa mereka sedang berencana untuk menyerang Ukraina.

Namun langkah Rusia yang telah mengerahkan lebih dari 100 ribu tentara di dekat perbatasan Ukraina telah membuat cemas bukan hanya Ukraina, melainkan juga Amerika Serikat dan NATO. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA