Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Joe Biden Janji ke Raja Salman, Siap Pasang Badan Lawan Houthi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 10 Februari 2022, 09:08 WIB
Joe Biden Janji ke Raja Salman, Siap Pasang Badan Lawan Houthi
Raja Salman dari Arab Saudi dan Presiden AS Joe Biden/AP
rmol news logo Amerika Serikat (AS) memberikan komitmen kepada Arab Saudi untuk mendukung menghadapi serangan dari kelompok pemberontak Houthi.

Komitmen itu disampaikan oleh Presiden AS Joe Biden kepada Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al Saud pada Rabu (9/2).

Menurut pernyataan Gedung Putih yang dikutip Al Jazeera, kedua pemimpin membahas perkembangan regional dan masalah yang menjadi perhatian bersama.

"Presiden menggarisbawahi komitmen AS untuk mendukung Arab Saudi dalam membela rakyat dan wilayahnya dari serangan ini (Houthi) dan dukungan penuh untuk upaya yang dipimpin PBB untuk mengakhiri perang di Yaman," kata Gedung Putih.

Di samping itu, Biden dan Raja Salman juga membahas kesepakatan nuklir Iran. Biden menekankan bahwa Iran tidak akan pernah dapat memperoleh senjata nuklir.

"Kedua pemimpin lebih lanjut menegaskan kembali komitmen Amerika Serikat dan Arab Saudi untuk memastikan stabilitas pasokan energi global," lanjut Gedung Putih.

Pemberontak Houthi telah secara teratur menembakkan rudal dan pesawat tak berawak ke Arab Saudi sejak 2015, ketika koalisi militer pimpinan Saudi melakukan intervensi di Yaman untuk mencoba memulihkan pemerintah.

Telah lama diyakini bahwa Iran berencana untuk menggunakan Houthi untuk mengambil alih Yaman dan merebut pelabuhan strategis utama Aden, yang mengontrol pintu masuk ke Laut Merah dan akhirnya ke kota resor Israel Eilat.

Iran sendiri membantah mendukung Houthi dan juga menolak tuduhan Arab Saudi bahwa Teheran memberi pemberontak Houthi di Yaman kemampuan balistik. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA