Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Swedia Akhiri Pembatasan Covid-19, Tidak Lagi Berikan Tes Covid-19 Gratis

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 10 Februari 2022, 11:44 WIB
Swedia Akhiri Pembatasan Covid-19, Tidak Lagi Berikan Tes Covid-19 Gratis
Situasi Covid-19 di Swedia/Net
rmol news logo Swedia telah memutuskan untuk mencabut seluruh pembatasan sosial untuk mencegah penyebaran Covid-19. Pada saat yang sama, Swedia juga berhenti memberikan tes Covid-19 gratis, termasuk pada mereka yang memiliki gejala.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Langkah kontroversial Swedia itu memicu perselisihan dengan negara-negara Eropa dan sejumlah ahli kesehatan.

"Kami telah mencapai titik di mana biaya dan relevansi pengujian tidak lagi dapat dibenarkan," ujar Kepala Badan Kesehatan Masyarakat Swedia Karin Tegmark Wisell, seperti dikutip Associated Press.

“Jika kami melakukan pengujian ekstensif yang disesuaikan dengan semua orang yang memiliki Covid-19, itu berarti setengah miliar kronor per minggu (atau sekitar 55 juta dolar AS) dan 2 miliar per bulan,” tambahnya.

Mulai Rabu (9/2), hanya petugas kesehatan dan perawatan lansia dan yang paling rentan yang berhak mendapatkan tes PCR gratis jika menunjukkan gejala, sedangkan populasi lainnya hanya akan diminta untuk tinggal di rumah jika menunjukkan gejala yang kemungkinan Covid-19.

Sementara itu, tes antigen sudah tersedia untuk dibeli di supermarket dan apotek, tetapi hasilnya tidak perlu dilaporkan ke otoritas kesehatan.

Pada tahun 2021, wilayah Stockholm saja menghabiskan setara dengan lebih dari 320 juta dolar AS untuk tes PCR, uang yang menurut pemerintah dapat dihabiskan dengan lebih baik di tempat lain.

Untuk sebagian besar pandemi, Swedia menonjol di antara negara-negara Eropa karena responsnya. Negara ini tidak pernah mengunci atau menutup bisnis.

Kendati begitu, pada pekan lalu, Perdana Menteri Magdalena Andersson mengatakan pandemi belum berakhir, tetapi telah memasuki fase yang sama sekali baru. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA