Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kim Jong Il, Sang Putra Gunung Paektu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 10 Februari 2022, 20:37 WIB
Kim Jong Il, Sang Putra Gunung Paektu
Pemimpin Republik Rakyat Demokratik Korea, Ketua Kim Jong Il/Net
rmol news logo Gunung Paektu merupakan gunung sakral dan suci bagi rakyat Korea. Gunung tertinggi ini menjadi saksi sejarah munculnya bangsa Korea.

Gunung tertinggi di Korea itu tidak berpenghuni mengingat medannya yang sulit dan cuaca buruk. Namun gunung tersebut tiba-tiba mendapatkan tamu pada akhir 1930-an, ketika Korea berada di bawah pendudukan militer Jepang, periode 1905-1945.

Gunung Paektu juga menjadi saksi perjuangan Kim Il Sung dan kepemiminannya yang anti-Jepang. Kamp-kamp rahasia dan markas besar Tentara Revolusioner Rakyat Korea juga dibangun di Lembah Sobaeksu.

Pada 16 Februari 1942, Kim Jong Il lahir di sebuah pondok kayu di Gunung Paektu. Kelahirannya menjadi sejarah tak terlupakan. Ia tumbuh dengan mengenakan pakaian yang dipenuhi asap bubuk, makan jatah tentara dan mendengar suara ledakan.

Orang pertama yang terpantul di matanya adalah ibunya yang berseragam militer, dan dia dibesarkan di antara para gerilyawan. Tempat bermain pertamanya adalah Gunung Paektu.

"Kim Jong Il adalah putra Gunung Paektu, berarti dia lahir dari revolusi anti-Jepang sebagai putra bangsa. Dia adalah putra Korea yang memulai hidupnya dan bangkit sebagai panutan revolusi kita dalam pelukan para pejuang revolusioner anti-Jepang," begitu tulisan Kim Il Sung mengingat kelahiran putranya.

Kemudian hari berganti dengan pembangunan masyarakat demokratis setelah 15 Agustus 1945. Pada hari-hari Perang Korea antara tahun 1950 dan 1953, ia belajar di Markas Besar. Ia mempelajari taktik misterius mengalahkan pasukan imperialis sekutu.

Puisi, "O, Korea, I Will Add Glory to Thee" yang ditulisnya saat memasuki Universitas Kim Il Sung pada awal 1960-an, menggambarkan betapa besar ambisinya.

Periode lebih dari setengah abad sejak Juni 1964, ketika ia mulai bekerja di Komite Sentral Partai Buruh Korea setelah lulus dari universitas, adalah hari-hari ketika ia mewujudkan ambisinya.

Dia mengembangkan ide Juche, yang ditulis oleh Kim Il Sung, sebagai ideologi penuntun rakyat Korea dan era kemerdekaan. Ia menerapkannya dan mengubahnya menjadi negara yang bersatu dengan satu hati, sosialis yang kuat.

Dia mengantarkan zaman keemasan seni dan sastra, yang disebut Renaissance di abad ke-20 oleh dunia, dan membuka masa kejayaan konstruksi dengan memiliki banyak struktur arsitektur yang dibangun untuk mengejutkan dunia.

Pada akhir abad yang lalu, Republik Rakyat Demokratik Korea (RRDK) harus mengalami kesulitan ekonomi dan ujian yang belum pernah terjadi sebelumnya karena sanksi ekonomi yang keras dan blokade kekuatan imperialis sekutu yang dikenakan padanya dengan mengambil keuntungan dari runtuhnya beberapa negara sosialis dan bencana alam berturut-turut.

Selama periode itu, yang akan membuat orang lain bertekuk lutut lebih dari seratus kali, Ketua Kim Jong Il selalu bersama rakyat dan tentara. Dalam tur lapangannya, dia menyemangati mereka, berbagi suka dan duka dengan mereka.

Berkat politik Songun, RRDK menjadi raksasa militer, dilengkapi tidak hanya dengan alat serangan dan pertahanan yang canggih, tetapi juga pencegah perang yang tidak dapat diremehkan.

Kim Jong Il bekerja sepenuh hati dan jiwa untuk menghilangkan rasa sakit perpecahan nasional.

Berkat kemauan dan keputusannya, pertemuan puncak antar-Korea diadakan untuk pertama kalinya dalam sejarah di Pyongyang pada tahun 2000, dan Deklarasi Bersama Utara-Selatan 15 Juni, tonggak untuk reunifikasi nasional, diadopsi.

Banyak negara menjalin hubungan diplomatik dengan RRDK, melampaui perbedaan ideologi dan sistem sosial.

RRDK berkontribusi dalam mendorong tren internasional untuk mencita-citakan kemerdekaan, perdamaian dan persahabatan, dengan memperluas dan mengembangkan pertukaran dan kerja sama ekonomi dan budaya dengan banyak negara dan memperkuat solidaritas dengan rakyat progresif, yang mendambakan kemerdekaan dan keadilan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA