Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tolak Kudeta, Ribuan Warga Sudan Banjiri Jalan-jalan Ibukota Khartoum

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 11 Februari 2022, 10:25 WIB
Tolak Kudeta, Ribuan Warga Sudan Banjiri Jalan-jalan Ibukota Khartoum
Protes menolak kudeta militer di Sudan/Net
rmol news logo Ribuan warga Sudan melakukan aksi protes menolak kudeta yang dilakukan militer tahun lalu. Mereka membanjiri jalan-jalan di ibukota Khartoum, menuju istana presiden pada Kamis (10/2).

Tampak para pengunjuk rasa membawa bendera Sudan dan beberapa lainnya memegang poster-poster yang berisikan potret 79 demonstran yang telah terbunuh.

Sembari menabuh genderang, mereka juga menari dan meneriakkan slogan-slogan mengutuk kudeta yang dilakukan militer untuk menggulingkan pemerintahan sipil.

Aksi protes di Khartoum ditanggapi dengan tembakkan gas air mata oleh pasukan keamanan, seperti dilaporkan TRT World.

Menurut saksi mata, saat protes mereda pada malam hari, pasukan keamanan kembali menembakkan gas air mata untuk membubarkan para demonstran di Omdurman dan Khartoum timur.

"Protes hari ini adalah persiapan untuk demonstrasi massal pada hari Senin," kata aktivis Roaa Bashir, dengan menyebut protes lebih besar direncanakan pada 14 Februari.

Human Rights Watch merinci, para pasukan keamanan di Sudan menggunakan amunisi langsung dan menembakkan tabung gas air mata ke kerumunan. Hal itu bisa mematikan bisa dilakukan dalam jarak dekat.

Kudeta yang dipimpin oleh panglima militer Abdel Fattah Al Burhan terjadi pada 25 Oktober tahun lalu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA