Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Taiwan, Menlu Somaliland: China Tidak Dapat Mendikte Kami, Negara yang Berdaulat dan Bebas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 11 Februari 2022, 15:36 WIB
Di Taiwan, Menlu Somaliland: China Tidak Dapat Mendikte Kami, Negara yang Berdaulat dan Bebas
Menteri Luar Negeri Somaliland Essa Kayd/Net
rmol news logo China tidak dapat mendikte apa yang harus dilakukan oleh Somaliland karena negara itu berdaulat dan terlahir bebas.

Begitu yang ditegaskan oleh Menteri Luar Negeri Somaliland Essa Kayd  selama perjalanannya ke Taiwan pada Jumat (11/2), yang dikecam oleh Beijing.

"Kami dilahirkan bebas dan kami akan tetap bebas. Kami akan menjalankan bisnis seperti yang kami inginkan. China tidak dapat mendikte, tidak ada negara lain yang dapat mendikte," tegas Kayd kepada wartawan, seperti dikutip Reuters.

Lebih lanjut ia menekankan, Somaliland terbuka untuk berurusan dengan siapa saja yang menghormati mereka sebagai negara berdaulat dan ingin berbisnis tanpa ikatan atau syarat apa pun.

"Saya pikir itu sejelas yang saya bisa lakukan di China," tambahnya.

Somaliland memisahkan diri dari Somalia pada tahun 1991 tetapi belum mendapatkan pengakuan internasional secara luas atas kemerdekaannya. Wilayah ini sebagian besar damai sementara Somalia telah bergulat dengan tiga dekade perang saudara.

Sejak 2020, Somaliland dan Taiwan mendirikan kantor perwakilan di ibukota masing-masing, membuat marah Beijing dan Mogadishu.

Berlokasi strategis di Tanduk Afrika, Somaliland berbatasan dengan Djibouti, tempat China mempertahankan pangkalan militer luar negerinya yang pertama.

China telah meningkatkan tekanan pada negara-negara untuk tidak terlibat dengan Taiwan karena berusaha untuk menegaskan klaim kedaulatannya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA