Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Enam Minggu Pertama di Awal 2022, Lima Wartawan Meksiko Dibunuh saat Bertugas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Jumat, 11 Februari 2022, 18:36 WIB
Enam Minggu Pertama di Awal 2022, Lima Wartawan Meksiko Dibunuh saat Bertugas
Petugas polisi menjaga tempat kejadian di mana Heber Lopez ditembak mati di Salina Cruz, di negara bagian Oaxaca, Meksiko/Reuters
rmol news logo Tahun 2022 baru berlangsung sekitar enam minggu. Namun selama itu, setidaknya lima wartawan di Meksiko sudah meninggal dunia akibat dibunuh saat menjalankan tugas mereka.
Kasus terbaru menimpa seorang wartawan bernama Heber Lopez. Dia adalah direktur situs berita online Meksiko Noticias Web. Dia meninggal dunia setelah diserang di kantornya di wilayah Salin Cruz di negara bagian selatan Oaxaca pada Kamis (10/2).

Perwakilan Meksiko untuk Komite Perlindungan Jurnalis Jan-Albert Hootsen mengatakan bahwa pembunuhan Lopez menjadikan enam minggu pertama tahun 2022 sebagai yang paling mematikan bagi pers Meksiko dalam lebih dari satu dekade.

"Lima jurnalis dibunuh, dua selamat dari serangan, sejumlah lainnya melaporkan ancaman pembunuhan," tulisnya di Twitter, seperti dikabarkan Al Jazeera.

Sementara itu, Jaksa Agung Oaxaca mengatakan bahwa ada dua orang yang telah ditangkap sehubungan dengan pembunuhan Lopez. Meskipun demikian, penyelidikan masih terus berlangsung.

Saksi mata mengatakan bahwa sebuah kendaraan yang membawa dua pria berhenti di depan kantor Lopez pada Kamis malam (10/2) waktu setempat. Kemudian satu prang pria masuk ke kantor dan menembak Lopez. Para pelaku kemudian berhasil melarikan diri.

Menurut rekan Lopez, yakni Rodolfo Canseco Gutierrez yang juga merupakan direktur situs berita online RCP Noticias, Lopez biasa meliput berita kriminal dan polisi.

Dia mengatakan, meskipun Lopez tidak pernah memberitahunya tentang menerima ancaman, namun dirinya tidak meragukan bahwa pembunuhan itu terkait dengan pekerjaan temannya.

Kasus pembunuhan wartawan bukan hal baru di Meksiko. Negara itu kerap menduduki peringat top sebagai salah satu negara paling mematikan bagi wartawan di dunia.

Menurut organisasi hak asasi manusia Article 19, sejak tahun 2000 hingga 2021, sekitar 145 wartawan telah terbunuh di negara itu.

Sepanjang tahun 2021 lalu, tercatat ada tujuh wartawan yang dibunuh saat bertugas. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA