Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bertemu PM Kamboja, Presiden Korsel Tegaskan Dukungan untuk ASEAN

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Sabtu, 12 Februari 2022, 00:19 WIB
Bertemu PM Kamboja, Presiden Korsel Tegaskan Dukungan untuk ASEAN
Perdana Menteri Kamboja Hunsen bertemu dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae In di Seoul/Yonhap
rmol news logo Korea Selatan mendukung kepemimpinan dan juga perana Kamboja di ASEAN. Hal itu diutarakan oleh Presiden Korea Selatan Moon Jae In saat bertemu dengan Perdana Menteri Kamboja Hun Sen di Seoul pada Jumat (11/2).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa
Moon menekankan bahwa negeri ginseng akan secara aktif mendukung peran Kamboja di ASEAN.

Dalam pertemuan itu, kedua pemimpin negara juga membahas cara-cara untuk meningkatkan pertukaran dan kerja satu sama lain.

Dikabarkan Yonhap, Moon menggambarkan Kamboja sebagai mitra utama bagi strategi ekonomi Korea Selatan untuk mengurangi ketergantungannya pada China. Dia juga mencatat bahwa hubungan antara kedua negara telah berkembang secara dinamis di berbagai bidang.

Selain itu, Moon juga mengatakan bahwa kesepakatan perdagangan bebas antara Korea Selatan dengan Kamboja, yang ditandatangani pada Oktober tahun lalu, sangat bermakna, karena itu adalah pakta perdagangan bebas pertama Korea Selatan dengan negara Asia Tenggara di sepanjang Sungai Mekong.

Di sisi lain, Hun Sen meminta Korea Selatan untuk meratifikasi pakta perdagangan bebas. Dia mengatakan bahwa Kamboja telah menyelesaikan semua prosedur internal dan menyelesaikan ratifikasi.

"Saya berharap Anda melakukan lebih banyak upaya untuk ratifikasi," katanya kepada Moon melalui seorang penerjemah.

Pada kesempatan yang sama Moon berbagi keprihatinan tentang situasi di Myanmar dengan Hun Sen dan menyatakan harapan untuk menyelesaikan secara damai. Juru bicara Moon, yakni Park Kyung-mee mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Moon menegaskan dukungan atas upaya ASEAN untuk menyelesaikan krisis Myanmar.

Moon juga berterima kasih kepada Hun Sen karena mendukung upaya Korea Selatan untuk membawa perdamaian dan stabilitas di Semenanjung Korea, kata Park. Pemimpin Kamboja. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA