Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Arab Saudi Transfer Saham Aramco senilai 80 Miliar Dolar AS ke Dana Negara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 14 Februari 2022, 14:00 WIB
Arab Saudi Transfer Saham Aramco senilai 80 Miliar Dolar AS ke Dana Negara
Saudi Aramco adalah sebuah perusahaan minyak dan gas yang berkantor pusat di Dhahran, Arab Saudi.
rmol news logo Arab Saudi memindahkan empat persen saham Aramco senilai 80 miliar dolar AS di pengekspor minyak terbesar dunia ke dana kekayaan negara kerajaan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Pihak berwenang mengatakan pada Minggu (13/2) bahwa Putra Mahkota Mohammed bin Salman, penguasa de facto Arab Saudi, mengumumkan langkah tersebut sebagai bagian dari upaya untuk mengkalibrasi ulang ekonomi yang didominasi minyak.

Transfer tersebut juga merupakan langkah terbaru bahwa Arab Saudi ingin membuka 'raksasa minyak' dan 'mahkota ekonomi' Saudi, terbesar di dunia Arab.

"Pengalihan empat persen saham Aramco ke Dana Investasi Publik (PIF) adalah bagian dari strategi jangka panjang kerajaan untuk mendukung restrukturisasi ekonominya," kata pihak berwenangm mengutip pernyataan Putra Mahkota, yang juga merupakan kepala dana kedaulatan PIF, seperti dikutip dari Business Standard.

Aramco atau Saudi Arabian Oil Company adalah sebuah perusahaan minyak dan gas yang berkantor pusat di Dhahran, Arab Saudi. Hingga tahun 2020, perusahaan ini adalah salah satu perusahaan dengan pendapatan terbesar di dunia.

Putra Mahkota ingin dana investasi memiliki aset satu triliun dolar pada akhir 2025. Dana tersebut, yang menjadi inti dari langkah resmi untuk mengakhiri ketergantungan ekonomi pada minyak, memiliki kurang dari setengah jumlah itu sebelum kesepakatan ini.

"Saham akan meningkatkan posisi keuangan dan peringkat kredit yang tinggi dalam jangka menengah, karena PIF bergantung pada nilai asetnya dan pengembalian aset yang dikelola untuk strategi pendanaannya," kata Putra Mahkota.

Putra mahkota menekankan bahwa negara Saudi akan tetap menjadi pemegang saham Aramco yang dominan dengan 94 persen saham.

Saham Aramco ditutup turun 0,6 persen dalam perdagangan Minggu setelah pengumuman tersebut. Tetapi para ahli mengatakan peralihan saham akan memperkuat dana negara. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA