Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Terhenti karena Pandemi, ASEAN Lanjutkan Proses Aksesi Timor Leste

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 16 Februari 2022, 11:58 WIB
Terhenti karena Pandemi, ASEAN Lanjutkan Proses Aksesi Timor Leste
Bendera negara-negara ASEAN/Net
rmol news logo Keinginan Timor Leste untuk bergabung dengan ASEAN akan segera terwujud. ASEAN bersiap meluncurkan misi pencari fakta untuk mempercepat aksesi Timor Leste.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Hal itu diumumkan dalam pertemuan virtual antara Menteri Luar Negeri Kamboja Prak Sokhonn dan Sekretaris Jenderal ASEAN Lim Jock Hoi pada Senin (14/2).

Kamboja yang tengah menjadi Ketua ASEAN mengatakan misi pencari fakta diharapkan menyelesaikan tugas mereka pada kuartal pertama 2022.
 
Dalam sebuah pernyataan, ASEAN mengaku kesulitan untuk menindaklanjuti proposal Timor Leste selama satu dekade terakhir lantaran pandemi Covid-19.

Namun mereka menekankan bahwa ASEAN bertekad menyelesaikan misi pencarian fakta Masyarakat Ekonomi ASEAN dan Komunitas Sosial Budaya ASEAN pada kuartal pertama tahun ini, sehingga negara-negara anggota ASEAN dapat mulai mempertimbangkan peta jalan dan batas waktu bagi Timor Leste bergabung.

Selain membahas Timor Leste, Sokhonn dan Lim juga berbicara entang situasi politik di Myanmar dan dampaknya terhadap ASEAN.

Sokhonn memberi tahu Lim tentang rencana kunjungan pertamanya ke Myanmar sebagai utusan khusus ASEAN. Lim menawarkan bahwa Sekretariat ASEAN siap mendukung kunjungannya serta memberikan bantuan untuk meringankan situasi kemanusiaan di negara itu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA