Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Setujui Pembelian Kapal Perang Prancis, Menhan Panagiotopoulos: Yunani Perlu Meningkatkan Peralatan Militer

LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 16 Februari 2022, 14:00 WIB
Setujui Pembelian Kapal Perang Prancis, Menhan Panagiotopoulos: Yunani Perlu Meningkatkan Peralatan Militer
Menteri Pertahanan Yunani Nikos Panagiotopoulos/Net
Yunani perlu memodernisasi peralatan militernya, menyusul pemotongan dana yang berulang kali terjadi di tengah krisis keuangan negara itu.

Sebagai hasil dari kesepakatan dengan anggota parlemen pada Selasa (15/2), pemerintah Yunani pun  menyetujui kesepakatan 3 miliar euro untuk tiga fregat baru buatan Prancis, yang menurut para pejabat pertahanan sangat penting untuk mengatasi ketegangan yang sedang berlangsung dengan negara tetangga Turki.

"Tidak ada program persenjataan yang 'sedikit perlu' atau 'agak perlu'," kata Menteri Pertahanan Nikos Panagiotopoulos kepada anggota parlemen selama debat tingkat komite di parlemen, seeprti dilaporkan Euro News, Selasa.

Selain kesepakatan 3 miliar euro, anggota parlemen juga memilih untuk menambahkan enam jet tempur Rafale baru ke dalam pesanan sebelumnya. Sebelumnya, Yunani memesan 18 pesawat dari Prancis, enam di antaranya baru dibuat dan 12 lainnya telah beroperasi di angkatan udara Prancis.

Pembelian tersebut disetujui oleh 157 anggota parlemen, sementara partai oposisi sayap kiri menentang.

Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis dan Presiden Prancis Emmanuel Macron menyelesaikan kesepakatan fregat tahun lalu bersama dengan peningkatan perjanjian kerja sama pertahanan antara kedua negara.

Mitsotakis membantah klaim lawan politik bahwa pembelian itu dapat mengguncang ekonomi Yunani, yang sudah dibebani dengan defisit tinggi karena pengeluaran pandemi dan utang nasional yang besar.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA