Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Ilmuwan China Ciptakan Alat Pendeteksi Covid-19 Lewat Udara

LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 17 Februari 2022, 06:06 WIB
Ilmuwan China Ciptakan Alat Pendeteksi Covid-19 Lewat Udara
Ilustrasi/Net
Perhelatan Olimpiade Musim Dingin di Beijing tidak membuat para ilmuwan China berhenti mengembangkan teknologi pendeteksi virus corona termutakhir.

Dilaporkan Russian Today pada Rabu (16/2), para ilmuwan negeri Tirai Bambu berhasil mengembangkan sistem untuk mendeteksi jejak virus corona di udara yang disebut-sebut sebagai terobosan potensial dalam pertempuran melawan Covid-19.

Menurut tim peneliti, mendeteksi virus di udara dapat memberikan peringatan dini dan membantu mencegah penyebaran penyakit.

“Selama Olimpiade berlangsung, tugas untuk menahan penyebaran virus dilakukan dengan ketat dengan menyediakan fasilitas sanitasi dan pengujian. Dan menguji virus di udara adalah alat tambahan untuk memberikan peringatan dini,” kata Liu Peng, seorang peneliti di Fakultas Kedokteran Universitas Tsinghua.

Ilmuwan China itu mengatakan, saat orang bernapas dan berbicara penularan virus terjadi melalui partikel aerosol, terutama di ruangan tertutup.

Peralatan untuk mendeteksi aerosol tersebut berupa perangkat portabel yang menyerap sampel udara dan menyaring partikel terkecil yang mungkin mengandung virus.

Partikel-partikel ini kemudian dilarutkan dalam cairan dan melewati detektor asam nukleat, yang dikatakan 10 kali lebih sensitif daripada alat pengujian asam nukleat biasa.

Seluruh proses pengujian udara memakan waktu kurang dari empat jam.

“Sensitivitas mesin ini adalah 20 eksemplar per mililiter, jauh bila dibandingkan dengan tingkat biasa 200 hingga 500 eksemplar per mililiter,” kata Liu.

Teknologi ini telah diuji coba di fasilitas Olimpiade, termasuk area pemanasan, ruang ganti dan toilet, dan pengujian telah dilakukan setiap harinya.

Sistem ini diharapkan kelak dapat diterapkan di rumah sakit, stasiun kereta api, dan bandara di masa mendatang.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA