Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tiga Pesawat Pengintai Poseidon AS Dicegat Jet Tempur Su-35 Rusia di Atas Laut Mediaterania

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 17 Februari 2022, 08:58 WIB
Tiga Pesawat Pengintai Poseidon AS Dicegat Jet Tempur Su-35 Rusia di Atas Laut Mediaterania
Ilustrasi/Net
rmol news logo Tiga pesawat pengintai P-8A Poseidon milik Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) dilaporkan telah dicegat oleh pesawat Rusia ketika terbang di atas Laut Mediterania pada akhir pekan lalu.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Kapten Angkatan Laut AS Mike Kafka menuturkan awak pesawat AS terbang di wilayah udara internasional di atas Laut Mediterania saat pencegatan.

“Meskipun tidak ada yang terluka, interaksi seperti ini dapat mengakibatkan salah perhitungan dan kesalahan yang mengarah pada hasil yang lebih berbahaya,” ujarnya dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada Rabu (16/2).

Kafka menyebut, AS telah menyampaikan kekhawatiran terhadap pejabat Rusia melalui saluran diplomatik.

"AS akan terus beroperasi dengan aman, profesional, dan konsisten dengan hukum internasional di perairan dan wilayah udara internasional. Kami berharap Rusia melakukan hal yang sama," tambahnya, seperti dikutip The Epoch Times.

Tidak dijelaskan jenis pesawat apa yang berusaha mencegat kawanan P-8A, tetapi jurubicara Departemen Pertahanan mengatakan insiden itu melibatkan jet tempur Su-35.

Menurut seorang pejabat AS, salah satu pesawat Rusia terbang sangat dekat dengan pesawat AS.

Insiden itu terjadi di tengah ketegangan yang meningkat atas peningkatan besar pasukan militer Rusia di sepanjang perbatasan dengan Ukraina.

Pada April tahun 2020, pejabat AS melaporkan insiden pencegatan yang dilakukan jet tempur Rusia terhadap P-8A AS di atas Laut Mediterania. Aksi tersebut berlangsung selama lebih dari satu jam. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA