Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Intelijen Estonia: Rusia Kemungkinan Lancarkan Serangan Terbatas ke Ukraina Bagian Timur

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 17 Februari 2022, 09:44 WIB
Intelijen Estonia: Rusia Kemungkinan Lancarkan Serangan Terbatas ke Ukraina Bagian Timur
Ukraina/Net
rmol news logo Spekulasi mengenai serangan Rusia ke Ukraina masih bertebaran, meski Moskow mengklaim sudah menarik sebagian pasukannya di perbatasan.

Badan Intelijen Asing Estonia menyebut Rusia kemungkinan akan meluncurkan serangan terbatas terhadap Ukraina, dan menghindari kota-kota besar.

"Saat ini, penilaian kami adalah mereka akan menghindari kota-kota dengan populasi besar, karena dibutuhkan banyak pasukan untuk mengendalikan daerah-daerah itu," ujar Direktur Jenderal Badan Intelijen Asing Estonia, Mikk Marran kepada wartawan pada Rabu (16/2).

"Tetapi tidak ada pemahaman yang jelas tentang jalan apa yang mungkin diambil oleh pasukan Rusia," tambahnya, seperti dikutip Reuters.

Marran mengatakan 10 kelompok tempur tentara Rusia bergerak menuju Ukraina untuk bertemu dengan sekitar 170.000 tentara yang sudah ditempatkan di perbatasan, bertentangan dengan klaim Rusia baru-baru ini bahwa pihaknya menarik pasukan kembali dari wilayah tersebut.

Marran menilai Rusia dapat membombardir Ukraina dan menduduki wilayah Ukraina timur.

"Jika Rusia berhasil di Ukraina, itu akan mendorongnya untuk meningkatkan tekanan di Baltik di tahun-tahun mendatang. Ancaman perang telah menjadi alat kebijakan utama bagi Putin," lanjutnya.

Estonia, yang berbatasan dengan Rusia, termasuk di antara banyak negara yang memantau dengan cermat ketegangan antara Ukraina dan Rusia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA