Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dorong Investasi Swasta, Maroko Buat Aturan Investasi Baru

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 18 Februari 2022, 14:13 WIB
Dorong Investasi Swasta, Maroko Buat Aturan Investasi Baru
Raja Mohammed VI/Net
rmol news logo Maroko merumuskan pengaturan investasi baru demi mendorong investasi swasta yang sejauh ini hanya mencakup sepertiga dari total invasi.

Sebuah sesi di parlemen dibuka oleh Raja Mohammed VI pada Rabu (16/2) untuk merumuskan piagam investasi baru, seperti dilaporkan MAP.

"Sejalan dengan semangat dan ambisi Model Pembangunan Baru, (Maroko) bertujuan untuk membalikkan tren saat ini di mana investasi swasta hanya mewakili sekitar sepertiga dari total infestasi, dengan investasi publik mewakili dua pertiga," tulis laporan tersebut.

Dengan demikian, Maroko bermaksud untuk meningkatkan porsi investasi swasta menjadi dua pertiga dari total investasi pada tahun 2035.

Adapun tujuan utama dalam piagam investasi baru adalah penciptaan lapangan kerja, promosi pembangunan wilayah yang adil, dan prioritas sektor pembawa untuk ekonomi nasional.

Dalam hal ini, pemerintah menetapkan mekanisme pendukung seperti premi untuk mendukung investasi yang sejalan dengan orientasi kerajaan, Model Pembangunan Baru dan prioritas yang ditetapkan oleh pemerintah.

Selain itu, terdapat bonus teritorial tambahan untuk mendorong investasi di daerah-daerah yang kurang disukai, serta tambahan bonus sektoral dan pemberian insentif untuk mendorong pertumbuhan sektor ekonomi.

Raja Mohamed juga menekankan peran yang harus dimainkan oleh sektor swasta nasional dalam piagam tersebut. Salah satunya dengan mengundang pemerintah untuk secara aktif melibatkan operator swasta, termasuk CGEM dan GPBM, dalam proses implementasi piagam tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA