Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Rayakan 50 Tahun Hubungan Diplomatik, China-Argentina Sepakat Perdalam Kerja Sama

LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 19 Februari 2022, 15:33 WIB
Rayakan 50 Tahun Hubungan Diplomatik, China-Argentina Sepakat Perdalam Kerja Sama
Presiden China Xi Jinping/Net
Hubungan diplomatik China dan Argentina memasuki tahun ke-50. Kedua kepala negara bertukar ucapan selamat pada Sabtu (19/2).

Dalam pesannya, Presiden China Xi Jinping mengingatkan kembali hubungan mendalam kedua negara kepada Presiden Argentina Alberto Fernandez.

"Sejak China dan Argentina menjalin hubungan diplomatik setengah abad lalu, hubungan bilateral telah membuat langkah besar dalam pembangunan dengan memperdalam kerja sama di berbagai bidang," kata Xi, seperti dikutip dari CGTN.

Munculnya pandemi Covid-19 juga dikatakan Xi telah membawa hubungan kedua negara ke tingkat yang lebih baru.

"Dalam menghadapi pandemi Covid-19, masyarakat kedua negara telah saling mendukung dan membantu di saat-saat sulit, menulis babak baru persahabatan bilateral," ujarnya.

Fernandez pada gilirannya mengatakan sejak terjalinnya hubungan diplomatik, pertukaran budaya, ilmu pengetahuan dan teknologi dan ekonomi antara Argentina dan China menjadi semakin dekat.

Fernandez mengatakan dia akan terus bekerja dengan Presiden Xi untuk mempromosikan kerja sama antara kedua belah pihak dan semakin memperkuat persahabatan antara kedua pemerintah dan rakyat.

Xi dan Fernandez bertemu awal bulan ini di Beijing, saat pemimoin Argentina itu menghadiri upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin Beijing dan kegiatan lainnya. Mereka juga bersama-sama mengumumkan peluncuran Tahun Persahabatan dan Kerjasama China-Argentina 2022.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA