Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Izinkan PBB Kunjungi Xinjiang, Menlu Wang Yi: China Tolak Segala Bias dan Prasangka

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 20 Februari 2022, 10:57 WIB
Izinkan PBB Kunjungi Xinjiang, Menlu Wang Yi: China Tolak Segala Bias dan Prasangka
Menteri Luar Negeri China Wang Yi/Net
rmol news logo China membuka pintu untuk Kepala Hak Asasi Manusia (HAM) Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) Michelle Bachelet untuk mengunjungi Xinjiang.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Kendati begitu, Menteri Luar Negeri China Wang Yi menegaskan, Beijing tidak menerima penyelidikan apa pun berdasarkan praduga bersalah.

"(China) menolak semua jenis bias, prasangksa, dan tuduhan yang tidak beralasan," ujar Wang ketika berbicara lewat video di Konferensi Keamanan Munich pada Sabtu (19/2).

Bachelet telah lama mencari akses untuk mengunjungi Xinjiang dan menyelidiki dugaan pelanggaran HAM terhadap etnis Uighur.

Barat meyakini Beijing telah melakukan genosida dan menahan lebih dari satu juta minoritas Uighur di kamp-kamp penahanan Xinjiang.

Kelompok hak asasi manusia menuduh China melakukan pelanggaran besar-besaran terhadap Uighur dan kelompok minoritas lainnya, termasuk penyiksaan, kerja paksa di kamp-kamp tersebut.

China mengatakan kamp-kamp itu adalah fasilitas pendidikan ulang dan pelatihan dan menyangkal adanya pelecehan, dengan mengatakan itu memerangi ekstremisme agama.

Wang sendiri membantah tudingan kamp kerja paksa atau pendidikan sistematis, dengan menyebut semuanya bohong dan palsu.

"Saya harap Anda dapat mempercayai pemerintah China, dan mempercayai apa yang dikatakan pemerintah China dan informasi yang telah kami rilis," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA