Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kirim Uang ke Entitas Teroris di Suriah, Pekerja Konstruksi Asal Bangladesh ini Dibui di Singapura

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Senin, 21 Februari 2022, 19:59 WIB
Kirim Uang ke Entitas Teroris di Suriah, Pekerja Konstruksi Asal Bangladesh ini Dibui di Singapura
Pekerja konstruksi asal Bangladesh yang ditangkap di Singapura bernama Ahmed Faysal/CNA
rmol news logo Seorang pekerja konstruksi di Sungapura terpaksa mendekam di balik jeruji besi setelah kedapatan menyumbangkan uang untuk entitas teroris Suriah.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Pria tersebut bernama Ahmed Faysal, berusia 27 tahun. Dia merupakan warga negara Bangladesh yang datang ke Singapura untuk bekerja sebagai pekerja konstruksi.

Namun dia kemudian kedapatan mendukung kelompok-kelompok militan di Suriah, membuat beberapa akun Facebook untuk mempublikasikan postingan pro-jihadis dan membeli pisau untuk "siap berjihad".

Kendati begitu, otoritas keamanan Singapura menemukan bahwa Ahmed tidak berniat menggunakan senjata tersebut di Singapura demi menghindari masalah. Tujuannya datang ke Singapura adalah untuk bekerja, mencari uang dan mendukung keluarganya di Bangladesh.

Hasil penyelidikan menemukan bahwa antara Februari hingga Oktober 2020, dia melakukan 15 kali transfer dana dengan total sekitar 892 dolar Singapura untuk "kampanye penggalangan dana" yang dia tahu akan diberikan kepada entitas teroris Hayat Tahrir Al-Sham (HTS).

Akibat ulahnya tersebut, dia dijatuhi hukuman dua tahun delapan bulan penjara pada Senin (21/2).

Dia mengaku bersalah atas lima dakwaan di bawah Undang-Undang Terorisme (Penekanan Pembiayaan), dengan 10 dakwaan lainnya dipertimbangkan.

Ini adalah jumlah dakwaan terbesar yang pernah dihadapi pelaku berdasarkan Undang-Undang tersebut.

Sebagaimana dikabarkan Channel News Asia, Ahmed bekerja sebagai pekerja konstruksi di Singapura dan berpenghasilan antara 900 hingga 1.200 dolar Singapura per bulan.

Dia awalnya mendukung tujuan kelompok ISIS untuk mendirikan kekhalifahan Islam di Suriah. Itu adalah kali pertama dia belajar tentang jihad dan perang saudara Suriah di Facebook.

Ahmed kemudian menggunakan beberapa akun Facebook dengan alamat email dan nomor telepon sementara dan membuat unggahan tentang jihad.

Dia pun sempat mempertimbangkan pergi ke Suriah untuk membantu ISIS dan menghancurkan pemerintah Suriah, tetapi tidak melakukannya karena dia tidak punya uang untuk melakukan perjalanan ke Suriah dan perlu menghidupi keluarganya di Bangladesh.

Namun Ahmed kemudian menjadi kecewa dengan ISIS pada pertengahan 2019 setelah menonton video para cendekiawan Muslim yang mengutuk kelompok itu karena membunuh warga sipil tak berdosa dalam proses mereka mencapai kekhalifahan Islam.

Sejak kekecewaannya itu, dia mulai beralih mendukung HTS sebagai gantinya, karena dia pikir HTS "kurang brutal" dalam mencapai tujuannya.

HTS sendiri adalah kelompok militan lain yang berjuang untuk mendirikan kekhalifahan Islam di Suriah dan untuk menggulingkan rezim Assad. HTS saat ini mengendalikan kantong terakhir yang dikuasai pemberontak di Idlib, sebuah kota di barat laut Suriah.

Ketika Ahmed diberitahu bahwa HTS telah menahan, menyiksa dan mengeksekusi warga sipil, dia mengatakan bahwa dia tetap mendukung HTS dalam perjuangannya melawan pemerintah Suriah, yang dia yakini menindas Muslim Suriah.

HTS ditambahkan ke Daftar ISIS (Da'esh) dan Al-Qaida oleh Dewan Keamanan PBB sebagai entitas teroris pada Juni 2018, dan dianggap sebagai entitas teroris di bawah Undang-Undang Terorisme (Suppression of Financing) Singapura.

Kemudian pada pertengahan 2019, Ahmed mulai mengikuti halaman Facebook seorang dokter yang mengaku memiliki akar Bangladesh dan yang konon bekerja di sebuah rumah sakit di Idlib, Suriah.

Dokter itu sering menerbitkan posting di halaman Facebook, mendukung penggulingan kekerasan pemerintah Suriah dan menyuarakan dukungannya untuk anggota HTS. Dia juga menyiarkan video untuk meminta uang dalam kampanye penggalangan dana yang konon untuk rumah sakit yang merawat tentara HTS yang terluka.

Dipengaruhi oleh konten ini, Ahmed melakukan 15 transfer dengan total 891,98 dolar Singapura sambil meyakini bahwa uang tersebut akan menguntungkan entitas teroris.

Ahmed ditemukan memiliki tujuh pisau ketika dia ditangkap. Dia mengaku membeli beberapa pisau untuk "siap berjihad". Namun, dia mengatakan dia tidak berniat menggunakan senjata di Singapura karena dia ingin tetap keluar dari masalah dan mendukung keluarganya di rumah.

Dia mengatakan akan menggunakan pisau hanya di Bangladesh, jika umat Hindu menyerang Muslim dan pemerintah tidak mengambil tindakan terhadap para pelaku. Namun, pada saat penangkapannya, dia belum memikirkan rencana khusus penyerangan.

Di tengah persidangan, jaksa penuntut menyebut bahwa terorisme adalah ancaman nyata dan nyata bagi keamanan Singapura. Dengan menjatuhkan hukuman penjara kepada Ahmed berarti bahwa Singapura terus memenuhi tugasnya sebagai anggota komunitas global dan perjuangannya melawan terorisme.

"Ini adalah tugas berat yang tidak bisa dianggap enteng dan hukuman berat yang dijatuhkan pada pelanggar yang melakukan pelanggaran pendanaan terorisme berfungsi untuk memajukan kepentingan publik Singapura dan mencegah orang-orang yang berpikiran sama dari perilaku tercela serupa," begitu kata jaksa penuntut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA