Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rusia Akui Donetsk dan Luhansk, Trump Puji Putin: Ini Genius

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 23 Februari 2022, 09:08 WIB
Rusia Akui Donetsk dan Luhansk, Trump Puji Putin: Ini Genius
Mantan Presiden AS Donald Trump dan Presiden Rusia Vladimir Putin/Net
rmol news logo Donald Trump memberikan pujian kepada Vladimir Putin atas langkah "genius"-nya untuk memberikan pengakuan kepada Donetsk dan Luhansk.

Berbicara dalam sebuah wawancara pada Selasa (22/2), mantan Presiden Amerika Serikat (AS) itu mengatakan, pengakuan Rusia untuk kelompok pemberontak yang menyebut diri mereka sebagai Republik Rakyat Donetsk (RRD) dan Republik Rakyat Luhansk (RRL) adalah pintar dan cukup cerdas.

"Ini genius. Putin menyatakan sebagian besar Ukraina, mendeklarasikannya sebagai negara independen. Itu luar biasa," ujarnya, seperti dikutip The Hill.

Setelah memberikan pengakuan pada dua wilayah Donbass pada Senin (21/2), Putin mengerahkan pasukannya ke Donetsk dan Luhansk, yang ia sebut sebagai "pasukan perdamaian".

Meski memancing kecaman dunia, langkah Putin itu justru masih mendapatkan pujian dari Trump.

"Itu kekuatan perdamaian terkuat. Kita bisa menggunakannya di perbatasan selatan kita. Itu kekuatan perdamaian terkuat yang pernah saya lihat. Ada lebih banyak tank tentara daripada yang pernah saya lihat. Mereka akan menjaga perdamaian," kata Trump.

Presiden AS Joe Biden sendiri mengatakan pasukan penjaga perdamaian yang disebut Putin merupakan omong kosong. Alih-alih, Biden menilai, itu adalah gerakan awal dari invasi Rusia ke Ukraina.

“Jika Rusia melangkah lebih jauh dengan invasi ini, kami siap untuk melangkah lebih jauh dengan sanksi,” tegas Biden. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA