Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Kolaborasi China-Mesir Hasilkan Bantuan 500.000 Dosis Vaksin Covid-19 untuk Palestina

LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 23 Februari 2022, 09:18 WIB
Kolaborasi China-Mesir Hasilkan Bantuan 500.000 Dosis Vaksin Covid-19 untuk Palestina
Duta Besar China untuk Mesir Liao Liqiang memberikan sambutan mengenai bantuan vaksin hasil kolaborasi China dengan Mesir yang dikirim untuk Palestina/Net
Sebanyak 500.000 dosis vaksin Covid-19 hasil kolaborasi China dan Mesir dikirimkan ke Palestina untuk membantu perjuangannya melawan pandemi.

Pengumuman sumbangan vaksin yang diproduksi secara lokal di Mesir melalui kemitraan antara Perusahaan Induk Mesir untuk Produk dan Vaksin Biologi (VACSERA) dan perusahaan biofarmasi China Sinovac tersebut disampaikan Kedutaan Besar China untuk Mesir mengatakan dalam sebuah pernyataan Senin (21/2) waktu setempat.

"Kami merayakan pengiriman sejumlah bantuan sebagai hadiah bersama dari China dan Mesir kepada saudara-saudara Palestina kami di Jalur Gaza," kata Khaled Abdel-Ghaffar, penjabat menteri kesehatan dan menteri pendidikan tinggi Mesir yang menghadiri upacara yang diadakan di Markas VACSERA pada hari Minggu untuk menandai donasi, seperti dikutip dari Xinhua, Rabu (23/2).

Mesir sejauh ini telah memproduksi lebih dari 30 juta dosis vaksin, dan keamanan serta efisiensinya dijamin, katanya, seraya menambahkan Mesir telah melakukan kerja sama yang luar biasa dengan China sejak awal pandemi.

“Bantuan ke Palestina ini menandai pertama kalinya Mesir mengirim vaksin Covid-19 produksi lokal ke luar negeri,” tegasnya.

Duta Besar China untuk Mesir Liao Liqiang, yang juga hadir pada upacara tersebut, menggambarkan sumbangan bersama itu sebagai "langkah baru dan penting" di mana pemerintah China dan Mesir bekerja sama untuk membantu rakyat Palestina di Jalur Gaza memerangi pandemi dan mengatasi krisis kemanusiaan di sana.

Menurut Liao, donasi tersebut menunjukkan bahwa baik China maupun Mesir sangat mementingkan kesehatan rakyat Palestina dan perjuangan Palestina. Hal ini juga mencerminkan tingginya tingkat kemitraan strategis komprehensif antara China dan Mesir.

"Sebagai sahabat tulus bagi rakyat Palestina, negara besar yang bertanggung jawab dan anggota tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa, China akan terus bekerja sama dengan masyarakat internasional, termasuk Mesir, untuk mendorong penyelesaian masalah Palestina, dan membuat kontribusi positif untuk mencapai perdamaian dan stabilitas permanen di Timur Tengah," kata Liao.

Nidaa Barghouti, perwakilan dari Kedutaan Besar Palestina di Mesir, mengucapkan terima kasih yang tulus kepada China dan Mesir, mengatakan bahwa China dan Mesir adalah teman baik rakyat Palestina.

“Pihak Palestina sangat memuji China dan Mesir atas dukungan konsisten mereka untuk tujuan yang adil bagi rakyat Palestina,” katanya, seraya menambahkan bahwa vaksin itu sangat penting bagi mereka untuk memerangi pandemi.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA