Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Saat Sorot Dunia Terfokus Pada Ukraina, Pesawat China Seliweran di Wilayah Taiwan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Kamis, 24 Februari 2022, 22:49 WIB
Saat Sorot Dunia Terfokus Pada Ukraina, Pesawat China <i>Seliweran </i>di Wilayah Taiwan
Bendera Taiwan/Net
rmol news logo Saat sorot mata dunia terfokus pada perkembangan situsi di Ukraina usai Rusia mengerahkan opsi militer ke wilayah timur negara tersebut, pesawat milik China berseliweran di wilayah udara Taiwan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menurut keterangan yang dirilis Kementerian Pertahanan Taiwan pada Kamis (24/2),angkatan udara Taiwan bergegas untuk memperingatkan sembilan pesawat China yang memasuki zona pertahanan udaranya.

Pihak kementerian menjelaskan, misi terbaru melibatkan delapan pesawat tempur J-16 China dan satu pesawat pengintai Y-8, yang terbang di atas area di timur laut Kepulauan Pratas yang dikuasai Taiwan di ujung atas Laut China Selatan.

Tidak tinggal diam, Taiwan pun bergegas mengirim pasukanuntuk memperingatkan pesawat China. Selain itu, rudal pertahanan udara pun dikerahkan untuk "memantau kegiatan".

Langkah China ini bukan kali pertama dilakukan. Negeri tirai bambu kerap melakukan aksi reguler semacam ini ke Taiwan, sebuah wilayah yang mereka klaim merupakan bagian dari China.

Sementara itu, sebagaimana dikabarkan Channel News Asia, terkait dengan perkembangan terbaru yang terjadi di Ukraina, Taiwan telah dengan hati-hati mengamati perkembangan itu. Sejumlah pengamat menilai bahwa ada kekhawatiran bahwa China mungkin mencoba mengambil keuntungan dari krisis yang terjadi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA