Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Akankah Indonesia Bersuara Lebih Lantang dan Tegas Soal Langkah Militer Rusia di Ukraina?

LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Kamis, 24 Februari 2022, 23:52 WIB
Akankah Indonesia Bersuara Lebih Lantang dan Tegas Soal Langkah Militer Rusia di Ukraina?
Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin/RMOL
Ukraina menantikan suara lantang dan tegas dari Indonesia akan konflik yang tengah terjadi antara negara itu dengan Rusia.

"Akankah kita mendengar suara Indonesia?!" Kata Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin di akun Twitternya pada Kamis malam (24/2).

"Fasisme Rusia harus dikutuk. Agresi Rusia harus dihentikan. Akankah Indonesia mengatakan hal itu dengan kata-kata yang kuat dan persuasif?!" Tegasnya.

Secara resmi, Indonesia telah menyatakan sikap akan perkembangan yang terjadi di Ukraina. Pada Kamis (24/2), juru bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia Teuku Faizasyah mengatakan bahwa Indonesia menyerukan negosiasi dan diplomasi, setelah Rusia menginvasi Ukraina.

"Indonesia sangat prihatin dengan eskalasi konflik bersenjata di Ukraina yang merupakan ancaman besar bagi keselamatan rakyat dan stabilitas di kawasan," ujarnya. 


Dia juga menegaskan bawa Indonesia mengecam setiap tindakan yang jelas-jelas merupakan pelanggaran integritas wilayah dan kedaulatan suatu negara dan mendesak semua pihak untuk memprioritaskan negosiasi dan diplomasi untuk menghentikan konflik dan mengedepankan resolusi damai.

Namun, Faizasyah mengatakan Indonesia tidak akan menjatuhkan sanksi apapun kepada Rusia.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA