Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Serangan Tiga Arah Rusia ke Ukraina: Utara, Timur dan Selatan, Ini Petanya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Jumat, 25 Februari 2022, 00:20 WIB
Serangan Tiga Arah Rusia ke Ukraina: Utara, Timur dan Selatan, Ini Petanya
Peta penyebaran serangan Rusia di Ukraina/BBC
rmol news logo Rusia telah meluncurkan invasi skala besar ke Ukraina dari tiga arah utama pada Kamis (24/2). Hal ini dilakukan setelah Rusia menempuh opsi militer terhadap Ukraina.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Laporan BBC mengungkapkan bahwa pasukan Rusia maju dari tiga arah berbeda, dari utara bergerak ke arah Kiev, dari timur bergerak melalui Donetsk, Luhansk dan Kharkiv dan dari Selatan melalui Krimea.

Bukan hanya itu, pasukan Rusia juga melakukan serangan melalui udara. Ledakan terdengar di banyak kota di seluruh negeri, saat pertahanan udara Ukraina dan infrastruktur militer lainnya diserang.

Sejumlah analis mengatakan bahwa serangan dari udara ditujukan untuk membuka jalan bagi pasukan darat untuk masuk.

Di antara target adalah posisi di Kyiv, Karkhiv dan Odesa.

Berikut rincian mengenai tiga arah penyerangan Rusia ke Ukraina

Dari Utara

Dari utara, pasukan Rusia diyakini telah melintasi perbatasan ke Ukraina di persimpangan tiga arah antara Ukraina, Rusia dan Belarusia, di Senkivka.

Menurut Michael Kofman dari Pusat Analisis Angkatan Laut yang berbasis di Amerika Serikat, dalam beberapa pekan terakhir, pengerahan besar pasukan Rusia telah berkumpul di dekat Novye Yurkovichi dan Troebortno, termasuk "seluruh tentara ke-41".

Dalam pengerahan itu, terdapat juga kendaraan lapis baja, termasuk tank dan beberapa sistem peluncuran roket. Mereka diperkirakan bergerak menuju Chernihiv, di jalur langsung ke Kiev.

Para pejabat Ukraina mengatakan helikopter Rusia telah menyerang sebuah lapangan terbang militer di Gostomel, sebelah barat Kiev.

Bukan hanya itu, serangan rudal juga menghantam kota Brovary, sebelah timur Kiev.

Dari Timur

Dari timur, ada laporan bahwa tank Rusia telah tiba di Kharkhiv, kota terbesar kedua di Ukraina. Beberapa bagian kota pun telah berhasil dilalui.

Bukan hanya itu, sebelumnya juga ada laporan soal ledakan besar di Donetsk, dan ledakan serupa datang dari arah Belgorod melintasi perbatasan, di mana pergerakan pasukan besar dilaporkan terjadi pada hari Rabu (23/2).

Secara terpisah, kantor berita Rusia Interfax melaporkan klaim dari separatis yang didukung Rusia bahwa mereka telah melancarkan serangan ke kota Shchastia yang dikuasai Ukraina di Luhansk.

Diperkirakan ada sekitar 15 ribu separatis yang didukung Rusia di Donetsk dan Luhansk, yang mungkin membantu kemajuan Rusia. Ukraina percaya angka itu lebih tinggi.

Dari Selatan

Di selatan, pasukan Rusia telah menyeberang dari Krimea ke daratan, menuju Kherson, mengambil wilayah Chongar dan Novo Alekseyevka.

Sebelumnya juga terjadi ledakandi kota-kota di seluruh wilayah, termasuk Odesa, Mariupol, Melitpol dan Kherson.

Pejabat Ukraina, dikutip oleh kantor berita Reuters, pasukan Rusia telah mendarat di pelabuhan Odesa dan Mariupol.

Dalam beberapa hari terakhir, Rusia telah menempatkan kapal pendarat yang mampu mengerahkan tank tempur utama, kendaraan lapis baja dan personel, di lepas pantai Ukraina dalam pembangunan besar di Laut Hitam dan Laut Azov. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA