Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

IMF dan Bank Dunia Cemas Dampak Ekonomi Global dari Krisis di Ukraina

LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Jumat, 25 Februari 2022, 12:55 WIB
IMF dan Bank Dunia Cemas Dampak Ekonomi Global dari Krisis di Ukraina
Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva/Net
Para pemimpin Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional (IMF) mengisyaratkan bahwa mereka siap membantu Ukraina usai Rusia melakukan invasi pekan ini. Meski begitu, harus diakui bahwa situasi yang berkembang di Ukraina akan berdampak pada pemulihan ekonomi global.

Dalam sebuah cuitan di Twitter, Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva mengatakan bahwa dia sangat prihatin tentang dampak pertempuran terhadap rakyat Ukraina. Dia juga memperingatkan bahwa konflik itu Menambah risiko ekonomi yang signifikan bagi kawasan dan dunia.

Georgieva menjelaskan bahwa pihaknya terus menilai dampak ekonomi yang terjadi, namun siap untuk memberikan dukungan sesuai kebutuhan.

Hal senada juga diungkapkan oleh Presiden Bank Dunia David Malpass. Dalam sebuah pernyataan, Malpass mengatakan bahwa pihaknya prihatin dengan situasi kekerasan yang mengejutkan dan hilangnya nyawa di Ukraina.

Dia memperingatkan, perkembangan yang menghancurkan di Ukraina akan memiliki dampak ekonomi dan sosial yang luas.

"Kami siap memberikan dukungan segera ke Ukraina dan sedang mempersiapkan opsi untuk dukungan tersebut, termasuk pembiayaan cepat," kata Malpass, seperti dimuat Channel News Asia.

Dia menambahkan bahwa Bank Dunia dan IMF sedang berkoordinasi untuk memantau dampak agresi Rusia.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA