Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Polisi Rusia Tahan Ribuan Peserta Demo Anti Perang

LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 25 Februari 2022, 14:29 WIB
Polisi Rusia Tahan Ribuan Peserta Demo Anti Perang
Para pendemo anti-perang ditangkap polisi Rusia/Net
Sedikitnya 1.400 peserta aksi protes anti-perang ditahan pihak kepolisian Rusia. Data tersebut diungkap oleh pemantau independen OVD-Info pada Kamis (24/2) waktu setempat.

“Lebih dari 1.391 orang telah ditahan di 51 kota,” kata OVD-Info, yang melacak penangkapan pada demonstrasi oposisi, seperti dikutip dari AFP, Jumat (25/2).

"Lebih dari 700 orang telah ditahan di Moskow dan lebih dari 340 orang di kota terbesar kedua Saint Petersburg," lanjutnya.

Sekitar 2.000 orang berkumpul di dekat Lapangan Pushkin di Moskow tengah, sementara hingga 1.000 orang lainnya berkumpul di bekas ibu kota kekaisaran Saint Petersburg.

Invasi ke Ukraina terjadi selama tindakan keras yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap oposisi Rusia, dengan sebagian besar pemimpin protes dibunuh, dipenjara atau dipaksa keluar dari negara itu.

Pemimpin oposisi yang dipenjara Alexei Navalny, yang biasa memobilisasi protes terbesar Rusia terhadap Putin, menjalani hukuman dua setengah tahun di sebuah koloni hukuman di luar Moskow.

Sejumlah aktivis Rusia menyerukan media sosial agar orang-orang turun ke jalan setelah Putin melancarkan serangan ke Ukraina pada Kamis dini hari.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA