On The Road of Devoted Service for the People
On The Road of Devoted Service for the People
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Enggan Kutuk Invasi Putin ke Ukraina, Bolsonaro: Kami Tak Akan Memihak

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 28 Februari 2022, 08:31 WIB
Enggan Kutuk Invasi Putin ke Ukraina, Bolsonaro: Kami Tak Akan Memihak
Presiden Brasil Jair Bolsonaro/Net
Presiden Brasil Jair Bolsonaro enggan memberikan kutukan atas invasi yang dilakukan Presiden Rusia Vladimir Putin ke Ukraina.

Dalam konferensi pers pada Minggu (27/2), Bolsonaro mengaku telah berbicara selama dua jam dengan Putin. Ia mengatakan Brasil akan tetap netral dalam konflik, sembari mencatat bahwa Rusia dan Ukraina adalah saudara.

"Kami tidak akan memihak, kami akan terus bersikap netral, dan membantu dengan apa pun yang memungkinkan," ujarnya seperti dikutip Reuters.

Ditanya oleh seorang reporter apakah dia bersedia untuk mengutuk tindakan Putin, dia mengatakan akan menunggu laporan akhir, atau melihat bagaimana situasi, sebelum memberikan pendapatnya.

Lebih lanjut, Bolsonaro menyebut ia menentang sanksi apa pun yang dapat membawa dampak negatif bagi Brasil, mengutip pupuk Rusia yang sangat penting bagi sektor agribisnis raksasa negara itu.

Bolsonaro juga mengatakan dia tidak berpikir pasukan Putin akan melakukan pertumpahan darah massal di Ukraina.

"Seorang kepala negara seperti Rusia tidak ingin melakukan pembantaian, di mana pun," ucapnya.

Mengacu pada Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy, Bolsonaro mengatakan Ukraina telah meletakkan harapan bangsa mereka di tangan seorang komedian.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Brasil mengatakan, Bolsonaro tidak berbicara dengan Putin pada Minggu. Pernyataan Bolsonaro sendiri merujuk pada percakapannya dengan pemimpin Rusia di Moskow.

Baru-baru ini, Bolsonaro menolak permohonan AS untuk tidak mengunjungi Putin di Moskow, sebelum invasi.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA