Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kemlu Evakuasi WNI dari Ukraina ke Polandia dan Rumania

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 28 Februari 2022, 18:02 WIB
Kemlu Evakuasi WNI dari Ukraina ke Polandia dan Rumania
Proses evakuasi WNI dari Ukraina/Kemlu
rmol news logo Pemerintah, melalui Kementerian Luar Negeri, terus melakukan proses evakuasi warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Ukraina, di tengah operasi militer yang dijalankan oleh Rusia.

Pada Senin (28/2), Kemlu melaporkan sudah mengevakuasi enam WNI dan satu warga negara asing (WNA), yang merupakan pasangan WNI, dari Lviv. Mereka dipindahkan ke Rzeszow, Polandia.

Sehari sebelumnya, Minggu (27/2), Kemlu juga menyebut telah mengevakuasi 25 WNI dari Odessa, Ukraina ke wilayah Rumania.

Proses evakuasi sendiri dilakukan atas koordinasi KBRI Kiev, Bucharest, dan Warsawa.

"Pemerintah terus mengupayakan evakuasi seluruh WNI dari berbagai kota di Ukraina. Keamanan dan keselamatan WNI selalu menjadi prioritas utama," kata Kemlu dalam cuitannya.

Direktur Perlindungan WNI Kemlu Judha Nugraha menyebut ada 153 WNI yang berada di Ukraina. Setelah eskalasi terjadi, mereka telah diperintahkan untuk berkumpul di beberapa titik untuk mempermudah proses evakuasi.

Berbicara dalam konferensi pers pada Sabtu (26/2), Judha mengatakan pemerintah telah menyiapkan pesawat untuk evakuasi.

"Kita juga menyiapkan pesawat untuk antisipasi ketika nanti para WNI sudah bisa direlokasi, bukan hanya di titik-titik safe house, namun juga kita baru ke luar seperti Polandia dan Rumania," jelasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA