Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dukung Langkah Rusia, Presiden Venezuela: AS dan NATO Kacaukan Eropa Timur Lewat Disinformasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 02 Maret 2022, 14:34 WIB
Dukung Langkah Rusia, Presiden Venezuela: AS dan NATO Kacaukan Eropa Timur Lewat Disinformasi
Presiden Venezuela Nicolas Maduro/Net
rmol news logo Konflik antara Rusia dan Ukraina semakin memanas, sejumlah negara Barat dipimpin AS dan NATO mengutuk serangan besar-besaran Moskow.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Sikap berbeda ditunjukkan Presiden Venezuela Nicolas Maduro. Ia justru menuduh negara-negara AS dan NATO-lah yang mengacaukan Eropa Timur dan meluncurkan kampanye kebohongan dan disinformasi terkait konflik Rusia-Ukraina.

Pernyataan Maduro datang selama panggilan telepon dengan Presiden Rusia Vladimir Putin pada Selasa (1/3).

Dalam percakapan tersebut Putin berbagi penilaiannya tentang kampanye militer Rusia di Ukraina, menekankan bahwa tujuan Moskow adalah untuk melindungi warga sipil di wilayah Donbass dan mengamankan pengakuan Kiev atas Republik Rakyat Donetsk (DPR) dan Lugansk (LPR), serta kedaulatan Rusia atas Krimea.

"Rusia bertujuan untuk demiliterisasi dan denazifikasi pemerintah Ukraina," kata Putin mengulangi poin penting yang dibuat ketika dia mengumumkan operasi militer pekan lalu, seperti dikutip dari RT, Rabu (2/3).

Moskow juga berusaha memastikan bahwa Kiev tidak akan bergabung dengan NATO atau memperoleh senjata nuklir.

Maduro memuji "tindakan tegas" Rusia dan menekankan pentingnya melawan disinformasi tentang krisis Ukraina. Menurutnya, para pemimpin Barat dan media menuduh Rusia berusaha menelan Ukraina dengan memulai pertarungan yang "tidak perlu".

Presiden Venezuela juga menyerukan untuk memperkuat kemitraan strategis negaranya dengan Rusia dan mendorong maju dengan proyek-proyek bersama.

Kedua pemimpin sepakat untuk terus melakukan kontak dan pertukaran delegasi di berbagai tingkat pemerintahan mereka. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA