Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Ledakan Bom Terjadi Saat Shalat Jumat, 56 Orang Meninggal Dunia.

LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Jumat, 04 Maret 2022, 22:37 WIB
Ledakan Bom Terjadi Saat Shalat Jumat, 56 Orang Meninggal Dunia.
Situasi di masjid Kucha Risaldar di kawasan kota tua Peshawar usai ledakan bom terjadi/Associated Press
Sebuah bom meledak di dalam sebuah masjid Syiah di kota Peshawar, Pakistan pada Jumat siang (4/3) waktu setempat. Ledakan terjadi saat puluhan jamaah sedang menunaikan ibadah shalat Jumat di masjid Kucha Risaldar di kawasan kota tua Peshawar.

Akibat ledakan tersebut, lebih dari 50 orang meninggal dunia dan puluhan lainnya luka-luka.

Menurut keterangan pejabat rumah sakit setempat, sedikitnya 56 orang meninggal dunia. Sementara itu, di antara korban luka, beberapa di antaranya berada dalam kondisi kritis.

Belum jelas siapa dalang di balik aksi tersebut. Sejauh ini juga belum ada kelompok yang mengklaim bertanggung jawab atas ledakan tersebut.

Sementara itu, kepala polisi Peshawar Muhammed Ejaz Khan mengatakan bahwa ledakan bom itu bermula dengan baku tembak. Dua penyerang bersenjata menembaki polisi di luar masjid, dan menyebabkan seorang penyerang dan seorang polisi tewas dalam baku tembak, dan seorang polisi lainnya terluka.

Penyerang yang tersisa kemudian memasuki masjid dan meledakkan bom.

“Pertama saya mendengar lima hingga enam tembakan dan kemudian saya melihat pengebom bunuh diri memasuki masjid dan ledakan besar terjadi,” kata seorang saksi mata yang rumahnya dekat dengan lokasi kejadian, sebagaimana dikabarkan .

“Pintu rumah saya terbuka dengan keras dan saya jatuh ke tanah. Ketika saya memasuki masjid, ada asap dan debu dan orang-orang tergeletak bersimbah darah," sambungnya.

Segera setelah kejadian itu, unit penjinak bom mengatakan sekitar 5 kilogram bahan peledak digunakan dan bantalan bola ditambahkan.

ARTIKEL LAINNYA