Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Kecam Pernyataan AS Harus Akui Taiwan, China: Mike Pompeo adalah Politisi yang Gagal

LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 05 Maret 2022, 09:08 WIB
Kecam Pernyataan AS Harus Akui Taiwan, China: Mike Pompeo adalah Politisi yang Gagal
Mike Pompeo (kiri) dan Presiden Prospect Foundation, Lai I-Chung, melakukan benturan siku dalam pertemuan di Taiwan/Net
Lama tidak terdengar kabarnya, mantan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo kembali muncul dan membuat murka Pemerintah China.

Dalam sebuah pernyataan, mantan menlu mengatakan bahwa Amerika harus mengakui kedaulatan Taiwan dan secara resmi memberikan pengakuan diplomatik kepada Taiwan, hal  yang selama ini ditentang China.

"Menurut pandangan saya, pemerintah AS harus segera dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan dan telah lama tertunda untuk melakukan hal yang benar dan jelas, yaitu menawarkan pengakuan diplomatik kepada Taiwan sebagai negara yang bebas dan berdaulat," katanya selama kunjungan tidak resmi ke Taiwan baru-baru ini.

"Itu kenyataannya. Itu faktanya ... tidak perlu Taiwan mendeklarasikan kemerdekaan karena itu sudah menjadi negara merdeka," katanya lagi, dalam sebuah forum yang diadakan oleh think tank yang berbasis di Taipei, Prospect Foundation.

China, lewat juru bicara Kementerian Luar Negeri Wang Wenbin pada konferensi pers Jumat segera bereaksi dan mengutuk keras pernyataan Pompeo. Mengatakan apa yang disampaikannya sebagai omong kosong.

"Mike Pompeo adalah mantan politisi dengan kredibilitas minus, dan omong kosongnya yang seeprti itu hanya sia-sia," kata Wang.

Selama di Taiwan mantan menlu era Presiden Donald Trump itu melakukan pertemuan dengan Presiden Tsai Ing-wen, dan sejumlah pejabat lainnya.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA