Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Inggris: NATO Tidak Memendam Permusuhan dan Tidak Meragukan Rusia sebagai Kekuatan Dunia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 07 Maret 2022, 06:07 WIB
Inggris: NATO Tidak Memendam Permusuhan dan Tidak Meragukan Rusia sebagai Kekuatan Dunia
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson/Net
rmol news logo Perseteruan NATO dengan Rusia di tengah krisis Ukraina bukan berarti itu menjadi konflik NATO-Rusia.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan dalam sebuah op-ed yang diterbitkan oleh The New York Times pada Minggu (6/3), bahwa yang terjadi saat ini bukanlah konflik NATO dan tidak akan menjadi konflik.

NATO tidak memendam permusuhan terhadap orang-orang Rusia, katanya. NATO juga tidak meragukan status Rusia sebagai kekuatan dunia. Terlepas dari klaim tentang ekspansi NATO, pada kenyataannya Ukraina tidak memiliki prospek yang serius untuk menjadi anggota NATO dalam waktu dekat.

“Kami tidak memiliki permusuhan terhadap orang-orang Rusia dan kami tidak memiliki keinginan untuk meragukan Rusia sebagai negara besar dan kekuatan dunia. (Hanya saja) kami putus asa dengan keputusan Rusia untuk mengirim pemudanya yang tidak bersalah ke dalam perang berdarah dan sia-sia,” ujar Johnson seperti dikutip dari Herald Skotlandia.

NATO siap untuk menanggapi masalah keamanan yang dinyatakan Rusia melalui negosiasi, katanya. Inggris dan dan banyak pemimpin Barat lainnya telah berbicara dengan Presiden Putin untuk memahami cara pandangnya.

Sayangnya, diplomasi yang dilakukan selama ini belum memberikan kesempatan untuk hasil terbaik.

"Di balik rasa hormat kami kepada Rusia, kami menemukan tindakan rezim Putin sangat tidak berbudi,” papar Johnson.

Johnson kemudian mendesak para pemimpin dunia untuk mendukung rencannya. Di antaranya; memobilisasi koalisi kemanusiaan internasional, menyediakan peralatan pertahanan ke Kiev, memaksimalkan tekanan ekonomi pada Rusia, mencegah "normalisasi merayap" dari tindakan Rusia di Ukraina, mencari jalur diplomatik menuju de-eskalasi, serta memperkuat keamanan Euro-Atlantik.

Menurut Johnson, Barat dan seluruh komunitas internasional harus mendukung inisiatif ini.

Ia berencana membuat pertemuan dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte di London pada Senin (7/2).

Kemudian pada Selasa (8/2) ia akan menjamu para pemimpin Grup Visegrad (Polandia, Republik Ceko, Slovakia, Hongaria) yang bersama-sama dengan Perdana Menteri Inggris akan berpartisipasi dalam pertemuan khusus yang didedikasikan untuk Ukraina. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA