Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Amerika Serikat Kembali Kirimkan Vaksin Covid-19 untuk Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/yelas-kaparino-1'>YELAS KAPARINO</a>
LAPORAN: YELAS KAPARINO
  • Selasa, 08 Maret 2022, 05:38 WIB
Amerika Serikat Kembali Kirimkan Vaksin Covid-19 untuk Indonesia
Dubes AS untuk Indonesia Sungh Y. Kim (kanan) bersama Menteri Kesehatan Budi Sadikin Gani (kiri) saat berada di klinik vaksinasi di Tangerang, 28 Februari 2022./Kedubes AS
rmol news logo Pemerintah Amerika Serikat kembali memberikan bantuan vaksin Covid-19 untuk Indonesia berupa 3,5 juta dosis vaksin Pfizer. Paket bantuan tersebut tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, pada tanggal 4 Maret lalu.

Kedubes AS di Jakarta mengatakan, sampai saat ini Negeri Paman Sam melalui kemitraan dengan COVAX dan UNICEF telah menyumbang lebih dari 32,3 juta dosis vaksin Covid-19 untuk mendukung target vaksinasi di Indonesia.

Dengan total komitmen 4 miliar dolar AS, Amerika Serikat juga menjadi donor terbesar untuk COVAX, yang telah membantu Gavi, kemitraan kesehatan global publik-swasta, mengirimkan lebih dari 90 juta dosis vaksin ke Indonesia.

Secara global, Amerika Serikat menyumbangkan lebih dari 1,2 miliar dosis vaksin Covid-19 ke negara-negara yang paling membutuhkan, dan telah mengirimkan lebih dari 483 juta vaksin ke 110 negara, jumlah dosis yang disumbangkan ini lebih banyak dari gabungan bantuan vaksin dari semua negara lain.

“Amerika Serikat memegang teguh komitmen kemitraan kami dengan Indonesia untuk mengakhiri pandemi, menjaga kesehatan masyarakat, dan membuka kembali perekonomian,” ujar Direktur USAID, Jeff Cohen, dalam keterangan yang diterima redaksi Kantor Berita Politik RMOL.

Ditambahkan, selain menyumbangkan vaksin, Amerika Serikat juga memberikan dukungan untuk tempat vaksinasi, melatih petugas kesehatan, dan mendukung logistik untuk distribusi vaksin ke daerah-daerah terpencil yang membantu memastikan vaksin ini sampai ke tangan masyarakat.

Melalui media sosial dan pesan publik lainnya, Badan Pembangunan Internasional AS (USAID) dan mitra organisasi masyarakat sipil juga telah menjangkau puluhan juta masyarakat Indonesia melalui promosi vaksinasi serta melawan penyebaran informasi yang salah dan disinformasi.

Sejauh ini, sejak awal pandemi, pemerintah AS telah memberikan lebih dari 77 juta dolar AS untuk mendukung respons Indonesia terhadap Covid-19, yang merupakan tambahan dari bantuan kesehatan senilai lebih dari 1 miliar dolar AS selama dua dekade terakhir.

Dukungan AS itu telah menjangkau lebih dari 180 juta orang di Indonesia, atau hampir sekitar dua pertiga penduduk Indonesia. Amerika Serikat telah membantu sekitar 44.000 petugas kesehatan garis depan serta memperkuat lebih dari 1.400 rumah sakit dan klinik di seluruh Indonesia.

Hingga saat ini, USAID telah memberikan dukungan untuk 9.645 kegiatan vaksinasi, dan membantu diberikannya dua juta dosis vaksin Covid-19 kepada masyarakat. rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA