Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Caracas: Jika Hubungan Rusia-AS Memburuk, Venezuela Siap Kerahkan Bantuan Militer

LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 08 Maret 2022, 16:24 WIB
Caracas: Jika Hubungan Rusia-AS Memburuk, Venezuela Siap Kerahkan Bantuan Militer
Ilustrasi/Net
Venezuela akan tetap berdiri bersama Rusia, termasuk jika Rusia membutuhkan bantuan teknis militer di tengah konflik dengan Ukraina, dan jika hubungan Rusia dengan AS semakin memburuk.

Duta Besar Rusia untuk Caracas Sergey Melik-Bagdasarov mengatakan di saluran YouTube Soloviev.Live bahwa Venezuela siap memberikan bantuannya jika hubungan Rusia-AS memburuk.

"Saya telah mengadakan pertemuan dengan politisi dan anggota kabinet, mereka berjanji dengan tegas akan mengerahkan dukungan yang dibutuhkan tanpa keraguan untuk membantu Rusia. Mereka (Venezuela) sendiri pernah melalui (tekanan dari AS) itu dan sekarang akan melaluinya bersama-sama dengan kami," ujar Melik-Bagdasarov, seperti dikutip dari TASS.

Ia mengatakan, ketegangan yang terjadi saat ini adalah bentuk tekanan kepada Rusia yang belum pernah terjadi sebelumnya. Tindakan pembatasan ilegal, fitnah, dan kecaman yang meningkat di dunia internasional yang diluncurkan hanya kepada Rusia, adalah tekanan yang luar biasa.

"Mereka (Venezuela) pernah menghadapi apa yang dihadapi Rusia, semuanya. Sehingga mereka sangat menyadari pentingnya hubungan baik untuk saling menguatkan. Jadi, hubungan antara negara kami memiliki kemungkinan untuk menguat lebih jauh," tambah Dubes.

Rusia membangun kerja sama militer dengan Venezuela pada 2001 dengan menandatangani perjanjian yang sesuai.

“Spesialis kami, yang memperbaiki dan memelihara perangkat keras militer, akan melanjutkan tugasnya di sini. Rusia telah meningkatkan kemampuan pertahanan Venezuela,” kata Melik-Bagdasarov.

Diplomat itu menekankan bahwa bentuk bantuan efektif dari Caracas bisa berbeda.

“Venezuela memiliki infrastruktur pelabuhan yang cukup berkembang. Memiliki pelabuhan laut dalam dan pelabuhan sipil. Ada berbagai pangkalan Angkatan Laut Venezuela. Hal lain adalah bahwa ini adalah topik yang cukup sensitif, terlebih lagi, kapal induk kami, kapal penjelajah rudal yang dipandu telah dipanggil ke sini. Dan kami sama sekali tidak melihat ada yang luar biasa dalam hal itu," terang Melik-Bagdasarov.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA