Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Kunjungan Pemerintahan Biden Berbuah Positif, Venezuela Bebaskan Dua Warga AS

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 09 Maret 2022, 09:56 WIB
Kunjungan Pemerintahan Biden Berbuah Positif, Venezuela Bebaskan Dua Warga AS
Presiden Venezuela Nicolas Maduro/Net
Hasil positif dari kunjungan delegasi Amerika Serikat (AS) ke Venezuela sudah terlihat. Pemerintahan Presiden Nicolas Maduro dilaporkan sudah membebaskan dua warga AS yang dipenjara di Venezuela.

Menurut sumber, salah satu tahanan yang dibebaskan pada Selasa (8/3) adalah Gustavo Cardenas. Ia adalah salah satu dari enam eksekutif minyak Citgo yang ditangkap pada 2017. Ia dihukum atas tuduhan yang menurut pemerintah AS dibuat-buat.

Selain Cardenas, ada orang Kuba-Amerika yang ditahan atas tuduhan berbeda.

Pembebasan tersebut dilakukan setelah delegasi pemerintahan Presiden Joe Biden mengunjungi Caracas pada akhir pekan lalu, seperti dikutip Reuters.

Washington sendiri meminta pembebasan setidaknya sembilan orang, termasuk mereka yang dikenal sebagai "Citgo 6," dua mantan Baret Hijau dan seorang mantan Marinir AS.

Kunjungan tersebut bukan hanya berfokus pada nasib orang AS yang ditahan di Venezuela, tetapi juga kemungkinan pelonggaran sanksi minyak AS pada Caracas.

Setalah melarang impor minyak dari Rusia sebagai imbas invasi ke Ukraina, AS mencari pasokan alternatif, yang kemungkinan berasal dari Venezuela.

Langkah tersebut membawa angin segar dalam hubungan AS dan Venezuela yang buruk.

Kendati begitu, upaya pemerintahan Biden untuk mendekati Venezuela yang dipimpin Maduro mendapatkan kritikan pedas dari Capitol Hill.

ARTIKEL LAINNYA