Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Sambut Presiden Baru Korsel, PM Jepang Berharap jadi Angin Segar Hubungan Dua Negara

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 10 Maret 2022, 14:06 WIB
Sambut Presiden Baru Korsel, PM Jepang Berharap jadi Angin Segar Hubungan Dua Negara
Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida/Net
Jepang menyambut baik kemenangan presiden terpilih Korea Selatan, Yoon Suk-yeol. Kemenangan Yoon diharapkan menjadi angin segar bagi perbaikan hubungan Jepang dan Korea Selatan.

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengatakan akan melakukan dialog dengan pemerintahan baru Korea Selatan untuk membahas hubungan dua negara.

"Saya percaya penting untuk berkomunikasi dengan presiden baru dan pemerintahan barunya untuk memulihkan hubungan yang sehat (antara kedua belah pihak) berdasarkan posisi Jepang yang konsisten. Saya berharap untuk mengadakan dialog dengan pemerintah baru saat saya melihat tindakannya," kata Kishida kepada wartawan pada Kamis (10/3).

Yoon yang seorang mantan jaksa tinggi dari sayap konservatif dinilai akan memiliki pendekatan jauh berbeda dengan pendahulunya, Moon Jae-in, dalam kebijakan luar negeri.

Selama pemerintahan Moon, hubungan Seoul dan Tokyo merosot ke level terendah karena perselisihan sejarah masa perang.

"Hubungan Jepang-Korea Selatan berada dalam kondisi yang sangat parah, tetapi kami tidak dapat membiarkan ini seperti apa adanya,” ujar Kishida.

Menurut para pakar, Yoon akan mengambil kebijakan dengan mencari aliansi yang lebih kuat dengan Amerika Serikat (AS) serta sekutunya. Sebaliknya, pemerintahan Yoon akan mengambil sikap yang lebih keras terhadap Korea Utara dan China.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA