Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Terkenal Netral, Swedia Tingkatkan Anggaran Militer karena Konflik Rusia-Ukraina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 10 Maret 2022, 16:59 WIB
Terkenal Netral, Swedia Tingkatkan Anggaran Militer karena Konflik Rusia-Ukraina
Pasukan Swedia/Net
rmol news logo Pemerintah Swedia akan meningkatkan anggaran militernya secara signifikan lantaran invasi Rusia ke Ukraina membuat situasi keamanan Eropa memburuk.

Perdana Menteri Magdalena Andersson mengumumkan akan meningkatkan pengeluaran militer menjadi 2 persen dari produk domestik bruto (PDB) sesegera mungkin.

"Hari ini, kami menyajikan inisiatif baru dengan pesan yang jelas kepada rakyat Swedia dan dunia di sekitar kami. Kemampuan pertahanan Swedia harus sangat diperkuat," kata Andersson dalam konferensi pers yang dikutip Reuters, Kamis (10/3).

Pengeluaran militer Swedia telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir setelah beberapa dekade pemotongan setelah Perang Dingin berakhir.

Anggaran tahun ini adalah 1,3 persen dari PDB, naik dari 0,9% pada 2015, tetapi jauh dari sekitar 3 persen pada awal 1980-an.

Menteri Keuangan Mikael Damberg mengatakan anggaran tahun ini sekitar 70 miliar crown Swedia, kurang 2 persen dari PDB.

Swedia memiliki sejarah panjang netralitas dan tetap berada di luar aliansi militer, tetapi perang di Ukraina telah mengubah opini publik yang mendukung keanggotaan NATO. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA