Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rusia: Finlandia dan Swedia akan Hadapi Konsekuensi Militer Jika Gabung NATO

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 13 Maret 2022, 09:12 WIB
Rusia: Finlandia dan Swedia akan Hadapi Konsekuensi Militer Jika Gabung NATO
Bendera NATO/Net
rmol news logo Rusia memperingatkan Finlandia dan Swedia untuk tidak bergabung dengan Pakta Pertahanan Atlantik Utara atau NATO. Moskow menyebut akan memberikan konsekuensi jika negara-negara Nordik itu bergabung dengan NATO.

Direktur Departemen Luar Negeri Rusia untuk Eropa, Sergei Belyaev mengatakan akan ada konsekuensi militer dan politik jika Finlandia dan Swedia bergabung dengan NATO.

"Non-partisipasi mereka dalam NATO adalah faktor penting dalam memastikan keamanan dan stabilitas di Eropa utara," ujarnya, seperti dikutip Interfax, Minggu (13/3).

Menanggapi peringatan tersebut, Menteri Luar Negeri Swedia, Ann Linde mengecamnya.

“Kami menolak pernyataan seperti itu. Kebijakan keamanan Swedia ditentukan oleh Swedia. Rusia tidak ada hubungannya dengan keputusan independen kami," ujarnya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Finlandia.

"Finlandia sebagai negara berdaulat membuat keputusan kebijakan keamanannya sendiri berdasarkan kepentingan kita sendiri. Sangat penting bagi Finlandia bahwa kebijakan Pintu Terbuka NATO tetap ada,” kata direktur jenderal Departemen Rusia, Eropa Timur dan Asia Tengah di kementerian luar negeri Finlandia.

Jajak pendapat baru-baru ini menunjukkan semakin banyak orang Swedia dan Finlandia yang mendukung bergabung dengan blok pertahanan NATO sejak invasi Rusia ke Ukraina.

Sejak awal meluncurkan invasi ke Ukraina, Presiden Vladimir Putin mengatakan alasannya ada ekspansi NATO ke timur yang megancam Rusia.

Ukraina mengatakan ingin bergabung dengan aliansi, yang anggotanya terikat perjanjian untuk saling membela. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA