Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Chernihiv Masih jadi Zona Pertempuran, Kemlu Pastikan 9 WNI Aman dan Sehat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 14 Maret 2022, 11:04 WIB
Chernihiv Masih jadi Zona Pertempuran, Kemlu Pastikan 9 WNI Aman dan Sehat
Kota Chernihiv menjadi target serangan Rusia/Net
rmol news logo Sembilan warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Chernihiv dipastikan dalam kondisi aman dan sehat di safe house.

Begitu yang ditegaskan oleh Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Judha Nugraha ketika menanggapi adanya serangan Rusia yang menargetkan Chernihiv.

Judha mengatakan, serangan tersebut sempat mengganggu layanan umum, seperti air, listrik, gas, dan jaringan komunikasi. Namun fasilitas yang terganggu sudah bisa diperbaiki.

"Komunikasi dengan sembilan WNI yang sempat terputus karena gangguan komunikasi seluler, saat ini sudah bisa terhubung kembali," kata Judha kepada wartawan pada Senin (14/3).

"Mereka dalam kondisi aman dan sehat di safe house. Fasilitas listrik, air, dan gas tetap beroperasi. Persediaan logistik masih memadai," lanjutnya.

Sementara itu, ia menegaskan, KBRI Kyiv dan Tim Perlindungan WNI terus mengupayakan proses evakuasi. Namun situasi pertempuran di jalur evakuasi membuat proses tersebut harus ditunda beberapa kali

Untuk itu, ia menekankan perlunya kedua pihak yang berperang membentuk humanitarian corridor yang efektif dan dipatuhi di lapangan.

Sembilan WNI yang terjebak di Chernihiv diidentifikasi sebagai pekerja yang bekerja di pabrik plastik di kota tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA