Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Ada Risiko Agresi China, Mike Pompeo Ingatkan AS Segera Bantu Taiwan

LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 14 Maret 2022, 15:06 WIB
Ada Risiko Agresi China, Mike Pompeo Ingatkan AS Segera Bantu Taiwan
Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo/Net.
Desakan agar Amerika Serikat membantu Taiwan mempertahankan diri kembali disuarakan mantan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo.

Dalam penampilannya di Sunday Morning Futures Fox News Channel Minggu (13/3), Pompeo mengatakan hal itu perlu dilakukan mengingat adanya risiko agresi China terhadap pulau yang diklaim Tiongkok sebagai bagian dari wilayahnya.

"China sedang mengamati bagaimana AS menangani perang yang sedang berlangsung di Ukraina," kata Pompeo, seperti dikutip dari Taiwan News, Senin (14/3).

Dia menegaskan bahwa jika Washington tidak membantu Taiwan bersiap-siap untuk membela negara mereka, hal itu hanya akan menguatkan pemimpin China Xi Jinping.

Pompeo menegaskan kembali keyakinannya bahwa AS harus mengakui kemerdekaan Taiwan.

"Semua orang tahu mereka tidak pernah menjadi bagian dari China daratan, China komunis. Mereka tidak mau," katanya.

Pompeo berpendapat AS tidak boleh membuat kesalahan yang sama dengan menunda dukungan untuk Taiwan.

"Kami seharusnya melakukan hal-hal yang gagal kami lakukan musim panas lalu untuk rakyat Ukraina," mengkritik langkah Biden yang menurutnya terlambat menangani masalah Ukraina.

Pompeo mengatakan meskipun Taiwan siap untuk membela diri, tetapi mereka juga akan membutuhkan bantuan - tidak hanya dari Washington tetapi dari sekutu AS lainnya di kawasan itu, termasuk Korea Selatan dan Jepang. Dia menambahkan bahwa negara-negara Asia Tenggara juga prihatin dan tahu bahwa China sedang mengamati tanda-tanda kelemahan Amerika di dunia.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA