Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sebagai Presiden G20, Indonesia Harus Ingatkan Para Pemimpin Dunia Ada Tantangan Besar Selain Perang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 16 Maret 2022, 11:04 WIB
Sebagai Presiden G20, Indonesia Harus Ingatkan Para Pemimpin Dunia Ada Tantangan Besar Selain Perang
Profesor di National University of Singapore, Kishore Mahbubani dalam diskusi virtual yang digelar Golkar Institute, Rabu (16/3)/Repro
rmol news logo Banyak pihak menaruh harapan kepada Indonesia untuk mengembalikan fokus dunia pada tantangan-tantangan nyata di depan mata, dibandingkan harus berperang.

Profesor di National University of Singapore, Kishore Mahbubani berpendapat, Indonesia dapat menggunakan Presidensi G20 untuk menyadarkan dan membuka mata para pemimpin dunia.

"Saya pikir, selama pertemuan G20, para pemimpin dunia, para pemimpin Amerika Serikat dan Rusia, harus diingatkan bahwa kita masih harus menghadapi Covid-19," ujarnya dalam diskusi virtual yang digelar Golkar Institute, Rabu (16/3).

Meski banyak negara sudah mencabut berbagai pembatasan sosial, Kishore mengatakan, studi kasus di China menunjukkan Covid-19 dapat bangkit. Bahkan Beijing dengan kebijakan "Zero Covid" sekali pun harus berjuang habis-habisan.

Pada saat yang sama, ia juga menekankan, dunia harus menangani krisis perubahan iklim, dan berbagai tantangan besar lainnya.

Dengan banyaknya tantangan yang perlu dihadapi, Kishore berharap, para pemimpin dunia dapat mengambil tindakan secepatnya untuk menghentikan perang, khususnya di Ukraina, dan mencari jalan kompromi melalui dialog.

"Saya berharap, presidensi Indonesia di G20 dapat mengingatkan para pemimpin dunia, dan menghentikan perang di Ukraina," demikian Kishore. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA