Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Perdana Menteri Ceko kepada Zelensky: Eropa Mendukung Ukraina

LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 16 Maret 2022, 15:49 WIB
Perdana Menteri Ceko kepada Zelensky: Eropa Mendukung Ukraina
Serangan rudal Rusia menghancurkan apartmen di kota Irpin di wilayah Kiev, Ukraina/Net
Ketika sekutu terus mendukung dan menguatkan, maka Ukraina bisa memenangkan perang yang disulut oleh Rusia. Presiden Volodymyr Zelenskiy mengatakan hal itu kepada wartawan dengan keyakinannya yang penuh saat menerima kunjungan tiga pemimpin negara Eropa.

“Dengan sekutu seperti ini kita akan memenangkan perang ini,” katanya.

Perdana menteri Polandia, Republik Ceko, dan Slovenia, telah menempuh perjalanan dengan kereta api ke Kiev pada Selasa (15/3) untuk menunjukkan dukungan bagi Ukraina ketika serangan Rusia di ibu kota meningkat.

Mateusz Morawiecki dari Polandia, Petr Fiala dari Republik Ceko dan Janez Jansa dari Slovenia adalah pemimpin asing pertama yang melakukan perjalanan ke Ukraina sejak invasi Rusia dimulai tiga minggu lalu.

"Eropa mendukung Anda," ujar Perdana Menteri Ceko Petr Fiala, menegaskan bahwa kunjungannya membawa pesan untuk mengatakan kepada masyarakat Ukraina bahwa mereka tidak sendirian, seperti dikutip dari Reuters.

Perdana menteri Mateusz Morawiecki mengatakan, misi penjaga perdamaian internasional harus dikirim untuk beroperasi di Ukraina.

"Saya pikir perlu untuk memiliki misi perdamaian NATO, mungkin beberapa struktur internasional yang lebih luas, tetapi misi yang akan dapat mempertahankan diri, yang akan beroperasi di wilayah Ukraina," katanya.

Zelenskiy mengungkapkan bahwa kunjungan ketiga pemimpin negara itu sebagai saksi atas dukungan yang kuat untuk Ukraina yang membuatnya yakin bahwa perang akan segera dimenangkan Ukraina. Ia pun mengucapkan terima kasihnya.

Membutuhkan waktu tiga jam untuk tiba di Ukraina dengan kereta api. Setibanya di Kiev, ketiga pemimpin  berfoto lalu mempelajari peta Ukraina.

Kunjungan itu dilakukan ketika layanan darurat di Kyiv mengatakan sedikitnya lima orang lagi tewas akibat penembakan di ibu kota, termasuk di gedung apartemen 15 lantai sesaat sebelum fajar pada Selasa.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA