Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Berduka Cita atas Tewasnya Peliput Perang Ukraina, Prancis Desak Perlindungan Lebih Kuat bagi Para Jurnalis

LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 16 Maret 2022, 17:02 WIB
Berduka Cita atas Tewasnya Peliput Perang Ukraina, Prancis Desak Perlindungan Lebih Kuat bagi Para Jurnalis
Menteri Luar Negeri Jean-Yves Le Drian/Net
Setiap negara berkewajiban melindungi para jurnalis yang meliput peperangan. Prancis pada Rabu (16/3) menyerukan perlindungan jurnalisnya yang meliput perang Rusia di Ukraina, menyusul kematian juru kamera Fox News dan produser Ukraina di pinggrian kota Kiev.

Menteri Luar Negeri Jean-Yves Le Drian dalam sebuah pernyataan mengatakan Prancis dan angkatan bersenjatanya harus melakukan upaya perlindungan sejalan dengan hukum humaniter internasional.

"Saya ingat kewajiban angkatan bersenjata untuk melindungi wartawan. Saya dengan sangat tegas mengutuk tindakan apa pun yang menargetkan mereka," katanya, seperti dikutip dari AFP, seraya menambahkan bahwa kematian jurnalis menggambarkan bahaya ekstrem di panggung Ukraina saat ini.

Fox News mengatakan Selasa bahwa juru kamera Prancis-Irlandia Pierre Zakrzewski dan produser Oleksandra Kuvshynova meninggal dan koresponden Benjamin Hall terluka ketika kendaraan mereka dihantam tembakan yang datang di Horenka, di luar ibukota Ukraina, pada Senin (14/3).

Le Drian mengenang Zakrzewski sebagai jurnalis yang berdedikasi penuh pada tugasnya meliput sejumlah besar peperangan dan menginformasikannya.

"Saya menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada dia dan keluarga Oleksandra Kuvshynova," tambahnya.

Menteri juga mengingat nama-nama jurnalis lain yang tewas dalam konflik tiga minggu sejauh ini, termasuk pembuat film dokumenter AS Brent Renaud dan jurnalis Ukraina Evgeny Sakun.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA