Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Waspadai Invasi China, Militer Taiwan Latihan Tembak Langsung di Pulau Dongyin

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 17 Maret 2022, 10:38 WIB
Waspadai Invasi China, Militer Taiwan Latihan Tembak Langsung di Pulau Dongyin
Ilustrasi/Net
rmol news logo Di tengah kewaspadaan yang semakin tinggi atas kemungkinan invasi China, Militer Taiwan mengadakan latihan di sebuah pulau yang berjarak kurang dari 50 kilometer dari daratan pada Rabu (16/3) waktu setempat.

Latihan menembakkan senjata ke sasaran lepas pantai tersebut dilakukan di tengah meningkatnya kekhawatiran di Taipei bahwa serangan Rusia ke Ukraina mungkin membuat Beijing berani melancarkan serangan serupa.
 
Reuters
melaporkan, latihan hari Rabu di Pulau Dongyin, yang terletak di tenggara Fuzhou, Cina, termasuk menembakkan meriam dan senapan mesin ke sasaran mengambang yang dimaksudkan untuk mewakili pasukan musuh yang maju.

Dongyin adalah salah satu dari beberapa pulau yang dikuasai Taiwan di dekat pantai Cina. Satu kelompok pulau, yang disebut Kinmen, berada tepat di seberang Teluk Xiamen dari daratan, hanya sekitar 10 kilometer jauhnya.  

Taipei dilaporkan telah merencanakan latihan untuk menguji pertahanannya di beberapa pulau di tengah meningkatnya kekhawatiran bahwa China akan merebut satu atau lebih pulau untuk memaksa pembicaraan reunifikasi dengan Taipei.

Pejabat pertahanan Taiwan mengatakan bulan lalu bahwa sebuah pesawat sipil China terbang dekat dengan Dongyin pada 5 Februari, kemungkinan untuk menguji reaksinya.

Latihan Rabu juga diduga sebagai tindak lanjut dari arahan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen kepada pasukan militer dan keamanan agar memperkuat kesiapan tempur dan upaya pengawasan mereka, tept di hari ketika Rusia melancarkan serangan militernya di Ukraina. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA