Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Langkah Besar Indonesia-India untuk Tingkatkan Kerjasama Strategis di Bidang Keamanan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 18 Maret 2022, 06:35 WIB
Langkah Besar Indonesia-India untuk Tingkatkan Kerjasama Strategis di Bidang Keamanan
Menkopolhukam Mahfud MD dan Ajit Doval menandatangani nota kesepahaman untuk dialog keamanan antar kedua negara/Net
rmol news logo . India dan Indonesia mengakui pentingnya hubungan persahabatan tradisional dan Kemitraan Strategis Komprehensif antara kedua negara.

Selama pertemuan Dialog Keamanan Indonesia-India (IISD) yang berlangsung di Jakarta pada Kamis (17/3), kedua negara yang diwakili Penasihat Keamanan Nasional Republik India, Ajit Doval, dan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD, membahas secara rinci beberapa prioritas bersama. Di antara priototas itu adalah melawan terorisme, ekstremisme kekerasan, dan meningkatkan kerja sama maritim, pertahanan, dan keamanan siber.

Dalam pertemuan itu, keduanya menandatangani Nota Kesepahaman Dialog Keamanan.

IISD adalah forum yang membahas peningkatan kerjasama antara kedua negara di bidang politik dan keamanan. Tahun ini merupakan pertemuan yang kedua. IISD yang pertama diselenggarakan di New Delhi pada Januari 2018.

Ajit Doval mengapresiasi kesediaan peemrintah Indonesia untuk menjadi tuan rumah dan mengucapkan terima kasih kepada Mahfud MD. Ia berencana akan mengundang pihak Indonesia ke India untuk pertemuan IISD ketiga, seperti dilaporkan India Narrative, Kamis.

Selama kunjungannya ke Indonesia, Ajit Doval berkesempatan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Keduanya bertukar pandangan tentang isu-isu bilateral, regional dan global dan menegaskan kembali komitmen untuk lebih memperkuat kemitraan strategis komprehensif antara kedua negara.

Ajit juga melakukan diskusi dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan.

Dorongan signifikan telah diberikan oleh pemerintah Narendra Modi untuk meningkatkan kedalaman dan ruang lingkup kerja sama antara kedua negara. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA