Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Satu Tahun Kudeta Berlalu, Utusan Khusus ASEAN akan Kunjungi Myanmar Pekan Depan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 18 Maret 2022, 17:44 WIB
Satu Tahun Kudeta Berlalu, Utusan Khusus ASEAN akan Kunjungi Myanmar Pekan Depan
Utusan Khusus ASEAN untuk Myanmar, Menteri Luar Negeri Kamboja Prak Sokhonn/Net
rmol news logo Setelah lebih dari setahun kudeta militer, Utusan Khusus ASEAN akhirnya mengunjungi Myanmar pada pekan depan.

Menteri Luar Negeri Kamboja Prak Sokhonn yang saat ini menjadi Utusan Khusus ASEAN untuk Myanmar, mengumumkan akan mengunjungi negara tersebut pada 21-23 Maret untuk mendorong dialog dan konsultasi politik.

"Ini akan menjadi kunjungan pertama utusan khusus ke Myanmar yang bertujuan untuk menciptakan kondisi yang menguntungkan yang mengarah pada berakhirnya kekerasan serta pengekangan sepenuhnya oleh semua pihak," ujar jurubicara Kementerian Luar Negeri Kamboja, Chum Sounry, seperti dikutip Reuters.

Kendati begitu, Sounry enggan menyebut siapa saja yang akan ditemui oleh Prak Shokhonn.

“Tidak diragukan lagi, perjalanan panjang dengan berbagai tantangan untuk mencapai tujuan ini, tetapi perjalanan panjang harus dimulai dari langkah pertama,” tambahnya.

Beberapa hari yang lalu, Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) mengeluarkan laporan yang menyebut militer Myanmar bertanggung jawab atas pelanggaran sistematis terhadap kemanusiaan.

Itu termasuk pembunuhan massal, penyiksaan, kekerasan seksual dan penargetan yang disengaja terhadap warga sipil dalam serangan udara.

Kudeta militer di Myanmar terjadi pada Februari tahun lalu, dengan junta menggulingkan pemerintahan yang dipimpin oleh Aung San Suu Kyi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA