Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Yunani Siap Bantu Bangun Kembali Rumah Sakit Bersalin Mariupol yang Dihantam Bom Rusia

LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 19 Maret 2022, 06:02 WIB
Yunani Siap Bantu Bangun Kembali Rumah Sakit Bersalin Mariupol yang Dihantam Bom Rusia
Serangan Rusia merusak parah sebuah rumah sakit bersalin di kota pelabuhan Mariupol yang terkepung, Rabu 9 Maret 2022/Net
Yunani menyatakan siap membantu membangun kembali rumah sakit bersalin di Mariupol Ukraina yang hancur akibat serangan Rusia.

Mariupol, kota di Ukraina selatan, yang terkepung oleh pasukan Rusia pekan lalu, menjadi sasaran ledakan bom Rusia. Pemukiman dan beberapa fasilitas, termasuk rumah sakit bersalin, hancur lebur. Peristiwa ini bukan saja memancing amarah Ukraina tetapi juga dunia.
 
Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis mengatakan, Mariupol adalah kota kesayangan, di mana minoritas Yunani, sekitar 100.000 orang, bermukim di sana. Pada Jumat (18/3) ia dengan tegas menyatakan akan membantu pembangunan kembali sekaligus mengutuk peristiwa itu sebagai barbarisme perang.

"Yunani siap membantu membangun kembali rumah sakit bersalin Mariupol, pusat minoritas Yunani di Ukraina, sebuah kota yang kita sayangi dan menjadi simbol barbarisme perang," katanya dalam postingannya di Twitter.

Saat ledakan, semua orang berusaha mencari tempat berlindung. Sementara dilaporkan bahwa tiga penduduk sipil tewas dalam serangan itu.

Konsul Yunani di Mariupol, Manolis Androulakis, menyelamatkan diri di ruang bawah tanah ketika serangan Rusia meluluhlantakkan kota itu. Ia baru berhasil dievakuasi kemarin ke Moldova.

Lebih dari 11.000 pengungsi Ukraina, termasuk lebih dari 3.000 anak-anak, telah tiba di Yunani sejak dimulainya invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA