Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Empat Negara Eropa Kompak Usir Belasan Diplomat Rusia dalam Sehari

LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 19 Maret 2022, 14:36 WIB
Empat Negara Eropa Kompak Usir Belasan Diplomat Rusia dalam Sehari
Perdana Menteri Bulgaria Kiril Petkov/Net
Sejumlah diplomat Rusia diusir secara bersamaan pada Jumat (18/3), dari empat negara Eropa termasuk Bulgaria, Latvia, Lithuania, dan Estonia.

Dikonfirmasi Kedutaan Rusia di Sofia, bahwa pihak berwenang Bulgaria telah menyatakan persona non grata kepada sepuluh diplomatnya, da mereka diberi waktu 72 jam untuk meninggalkan negara itu.
 
Kedutaan mengatakan bahwa skala pengusiran itu sangat mengejutkan dan menunjukkan niat Bulgaria untuk menurunkan seluruh spektrum hubungan bilateral.
 
“Kami berharap kementerian luar negeri Bulagria membuat penilaian dengan kepala dingin tentang risiko yang ditimbulkan oleh perubahan haluan seperti itu, ketika mengambil keputusan ini,” kata misi Rusia, seperti dikutip dari RT, Sabtu (19/3).

Bulgaria mengusir dua diplomat Rusia lainnya pada awal Maret, mengklaim itu sebagai kebutuhan kontra-spionase.  

Sofia telah mengambil posisi garis keras atas serangan militer Rusia di Ukraina pada akhir Februari. Perdana Menteri Kiril Petkov bahkan memecat menteri pertahanan karena penolakannya menyebut situasi Ukraina sebagai perang.

Tiga negara Baltik lainnya masing-masing mengusir tiga diplomat Rusia, kata mereka pada hari Jumat.  

Para pejabat itu dituduh menyebarkan propaganda Rusia, merusak keamanan nasional negara tuan rumah, dan melanggar Konvensi Wina tentang Hubungan Diplomatik.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova bereaksi, menyebut pengusiran itu sebagai sesuatu yang tidak dibenarkan.
 
"Tanggapan yang sesuai akan datang," katanya.

Moskow biasanya bereaksi terhadap pengusiran diplomatnya dengan mengirim pulang staf diplomatik dalam jumlah yang sama yang mewakili negara terkait.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA