Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

PM Jepang Minta Narendra Modi Ambil Tindakan Tegas atas Invasi Rusia ke Ukraina

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 20 Maret 2022, 08:14 WIB
PM Jepang Minta Narendra Modi Ambil Tindakan Tegas atas Invasi Rusia ke Ukraina
Perdana Menteri India Narendra Modi dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida/Net
Jepang tampaknya mendesak mitranya di Quad, India, untuk mengambil tanggapan yang jelas atas invasi Rusia ke Ukraina.

Hal itu terlihat dari dialog yang dilakukan oleh Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida ketika mengunjungi Perdana Menteri India Narendra Modi di New Delhi pada Sabtu (19/3).

"Kami mengonfirmasi bahwa setiap perubahan sepihak terhadap status quo dengan kekerasan tidak dapat dimaafkan di wilayah mana pun, dan itu perlu penyelesaian sengketa secara damai berdasarkan hukum internasional," kata Kishida setelah bertemu Modi, seperti dikutip Reuters.

Bersama Amerika Serikat (AS) dan Australia, India dan Jepang bergabung dalam Dialog Keamanan Segiempat (Quad). Tetapi India adalah satu-satunya anggota Quad yang tidak mengutuk invasi tersebut.

Jepang sendiri telah memberlakukan sanksi terhadap puluhan individu dan organisasi Rusia, dan telah menerima pengungsi Ukraina.

Sementara itu, pada gilirannya, Modi tampaknya berusaha menahan diri untuk tidak berkomentar langsung mengenai situasi di Ukraina. Alih-alih, ia menyebut insiden geopolitik saat ini menghadirkan tantangan baru.

Selama pertemuan itu, Kishida mengumumkan rencana Jepang untuk menginvestasikan 42 miliar dolar AS di India selama lima tahun.

India juga menandatangani perjanjian dengan unit Suzuki Motor Jepang untuk investasi sekitar 1,4 miliar dolar AS dalam memproduksi kendaraan listrik dan baterai di negara bagian Gujarat.

Sejak tahun 2000, investasi Jepang ke India telah mencapai sekitar 27,28 miliar dolar AS. Investasi terutama di sektor mobil, peralatan listrik, telekomunikasi, kimia dan farmasi.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA